[Masalah Berat Badan]
Cika Sesaters
Saya baru melahirkan sesar kurang lebih sudah 4 bulan tapi bb masih belum turun dan stag di 59 , keinginan unyuk menurunkan berat badan besar sekali, mohon solisinya aga r bb bisa turun hingga 49 kg
20:34 29/10/2020
Tyas Asri Anindyaningrum, S.Gz., AIFO ahligizi
Halo kak Cika, terimakasih sudah bertanya di Dietducate 😊. Untuk menyusui tidak dianjurkan untuk melakukan penurunan berat badan dengan cara mengurangi makan atau defisit kalori karena dikhawatirkan akan mempengaruhi produksi ASI. Solusi agar berat badan tidak semakin bertambah dengan cara teruskan menyusui, perbanyak aktivitas di rumah dengan melakukan pekerjaan rumah tangga karena dapat membakar banyak kalori, istirahat cukup, atur pola makan. Untuk mengatur pola makan: 1. disiplin 3x makan utama 06.00, 12.00 dan 18.00 dan 2-3x selingan jam 09.00, 13.00 dan 20.00 2. tepat jumlah/porsinya sesuai (ini membutuhkan data BB, TB, umur, aktivitas dalam sehari), 3. seimbang yaitu setiap makan utama terdiri dari karbo nasi putih, bisa juga beras merah, singkong, jagung ubi, lauk hewani, lauk nabati, sayur 1 mangkok/1 porsi dan buah 1 potong, 4. beraneka ragam, 5. minim pengolahan dengan minyak goreng, gula, garam. Berikut contoh menu : Pagi : Nasi, scrambel egg, tempe bacem, pecel 1 porsi, buah pisang Selingan pagi : sari kacang hijau Makan siang: Nasi, sop tahu, ikan bumbu balado, buah pepaya Snack sore : susu skim Makan malam : Nasi, pepes ikan kakap, loaf tahu kukus+ayam, sayur bayam+oyong+wortel dan buah mangga. Snack malam : buah alpukat 1/2 - 1 buah kecil Semoga membantu 😊
07:54 04/11/2020