[Masalah Berat Badan]
anonim
Dok, saya sseorang remaja berumur 17 tahun, berat 57 dan tinggi 153. dan memiliki maalah dengan tubuh saya. Mengapa diet yang saya jalani tak kunjung berhasil ya , saya bingung dok
Satu tahun yg lalu saya pernah melakukan diet ekstrem dan berhasil menurunkan sektar 10 kg. Tapj seiring berjalannya waktu bb saya kembali naik dan tubuh saya kembali menggendut dok.
Sekaramg saya ingin diet lagi, tapi mengapa tidak ada yang membuahkan hasil ya dok, saya sangat stress, mohon bantuannya dok
Apa yang harus saya lakukan?
Terimakasih banyak dok
10:30 09/07/2018
Fitri Ahli Gizi ID ahligizi
Halo Bapak/Ibu/Kakak
Saya Fitri, ahli gizi yang tergabung di laman ahligiziID
Berdasarkan data yang diberikan dan dihitung melalui kalkulator gizi/ https://ahligizi.id/ahligizi/kalkulatorgizi , nilai IMT Anda normal. Artinya status gizi Anda saat ini sudah optimal.
Berat badan sebaiknya dapat dipertahankan, namun sedikit penurunan berat badan boleh dilakukan. Hal ini mengingat peningkatan 1-2 kilogram dari berat badan Anda saat ini bisa membuat status gizi Anda menjadi berlebih/gemuk.
Akan tetapi, perlu diingat bahwa target penurunan berat badan Anda tidak boleh berlebihan, agar status gizi Anda tidak menjadi kurang, serta kebutuhan tubuh saat berada pada fase remaja akhir (<19 tahun) tetap terpenuhi. Sebaiknya Anda tidak mengurangi berat badan lebih dari 8-10 kilogram.
Perlu diketahui, beberapa buku dan asosiasi kesehatan merekomendasikan anjuran penurunan berat badan yang sehat dan dapat dipertahankan, adalah sebesar 0,4-0,5 kilogram dalam 1 minggu (± 2 kilogram dalam 1 bulan).
Diet dengan target lebih dari angka tersebut, cenderung tidak dapat dipertahankan dan hanya membuat berat badan naik turun.
Diet penurunan berat badan yang sehat, dilakukan dengan melakukan diet keseimbangan kalori negatif (asupan kalori yang masuk lebih rendah dari asupan kalori yang keluar). Hal ini akan mendukung penurunan berat badan yang sehat, dapat dipertahankan/tidak naik turun, dan kebutuhan dasar gizi harian tetap terpenuhi.
Penjelasan lebih lengkap terkait diet keseimbangan kalori negatif dapat dibaca di :
https://ahligizi.id/index.php/artikel/detailartikel/12/terbaru_terpopuler/Diet-Penurunan-Berat-Badan
Terima kasih, semoga bermanfaat.
Salam sehat.
09:47 05/09/2018