[Masalah Berat Badan]
anonim
Hallo, mau tanya berat badan saya 45 kg dengan tinggi 180kg. Untuk membentuk berat badan yang ideal sekitar 60 kg. Hal apa yang sebaiknya saya lakukan ya? Agar bisa menambah berat badan. Karena saya sudah pernah coba menambah porsi makan & olahraga tetapi hasilnya masih sama aja. Apakah karena saya ada gen kurus atau gimana ya?
23:06 30/10/2020
Nadya Elfita, S.Gz ahligizi
Halo selamat pagi. terima kasih sudah berkonsultasi menggunakan platform ini. jika saya bantu analisa status gizi Anda berdasarkan data yang Anda berikan, nilai Indeks Massa Tubuh Anda tergolong rendah. Alangkah lebih baik jika Anda dapat mengonsultasikannya dengan Ahli Gizi/Dokter secara langsung sebelum Anda memulai program peningkatan berat badan. Berikut saya coba bantu untuk memberikan gambaran terkait konsep pola makan untuk peningkatan berat badan.
Pada umumnya, untuk meningkatkan berat badan dapat dilakukan dengan peningkatan asupan kalori yang disertai latihan/olahraga secara rutin dan konsisten.
peningkatan asupan kalori dapat dilakukan dengan menambah porsi makan Anda dari biasanya. misalnya, Anda terbiasa sarapan dengan 1.5 ctg nasi, 1 ptg ayam goreng, 1 ptg tahu, dan sayur bayam. Anda dapat menambah porsi tahu menjadi 2 ptg dan menambah porsi nasi menjadi 2 ctg. Begitupun pada waktu makan berikutnya.
Konsumsi sumber protein rendah lemak/makanan yang mengandung lemak baik saat waktu makan selingan/camilan seperti kacang2an, buah alpukat, susu coklat rendah lemak, protein bar/protein shake, atau menambahkan keju pada roti/camilan yang biasa Anda konsumsi.
Latihan/olahraga seperti berenang, latihan beban, sit up, atau pun push up secara rutin dan konsisten dapat membantu dalam membangun dan melatih otot tubuh Anda.
semoga membantu :)
07:47 01/11/2020