[ASI & Menyusui]
Novalia
Dok saya sedang menyusui, bagaimana untuk diet nya, saya habis op SC 3 bulan yg lalu
08:19 31/10/2020
Tyas Asri Anindyaningrum, S.Gz., AIFO ahligizi
Halo kak Novalia, terimakasih sudah bertanya di Dietducate. Bila luka sc kering, tidak ada kendala, fokus terlebih dahulu untuk menyusui. Diet untuk tujuan menurunkan berat badan akan mempengaruhi produksi ASI kak sehingga tidak dianjurkan.
Untuk tinggi badan, bb, aktivitas sehari, usia tidak diinformasikan sehingga kami kesulitan untuk menginformasikan kebutuhan gizi dalam sehari. Prinsipnya, pengaturan makan untuk menyusui yaitu menerapkan pola makan seimbang dan beragam, 3x makan utama 06.00, 12.00, 18
00, 3x snack jam 09.00, 15.00, dan 20.00,
menu utama terdiri dari karbo, lauk hewani, nabati, sayur dan buah. Contohnya : nasi 3 centong magic com ceper 150gr, pepes ikan+tahu, sayur bayam+wortel+jagung+oyong porsi 1 mangkok 150gr.
snack ; bisa berupa susu 1porsi/singkong 1 potong, bubur kacang hijau 1mangkuk/ roti tawar 1-2 lembar/ketela ungu 1 potong/edamame 1-2 genggam/jagung 1 potong/ buah-buahan 1-2 porsi.
Semoga membantu 😊
21:54 31/10/2020