[Masalah Berat Badan]
Nofa Musarofah
Hallo dok, izin bertanya... Bb saya 48, dan tb nya 142....saya sudah mengurangi makan,ditambah olharga, hampir selama setengah taun ini.. tapi bb saaya stuck diangka 47-48.. kira2 kalo bgtu,apakah saya harus tetap menurunkan bb saya(targetnya 43) atauu lebih baik menjaga bb nya supaya tidak naiikk??.mohon jawabanya dokk,terimaksih🙏🙏
12:44 01/11/2020
Aprilia Ayu Sholihati Nafisah, S.Gz. ahligizi
Halo Kak Nofa, terima kasih sudah berkonsultasi di Dietducate.
Untuk mengetahui apakah berat badan normal atau tidak, bisa dilihat dengan mengukur status gizi menggunakan IMT atau Indeks Massa Tubuh. Cara perhitungannya adalah berat badan dalam kilogram dibagi dengan kuadrat tinggi badan dalam meter [BB(kg)/TB²(m)]. Jika diperoleh hasilnya antara 18,5 hingga 25,0 maka dikategorikan status gizi normal (berdasarkan Kemenkes RI). Untuk berat badan Kak Nofa saat ini yang 48 kg dengan tinggi badan 142 cm, jika dihitung dengan rumus IMT tersebut dapat dikatakan normal karena hasilnya 23,8.
Semoga dapat membantu ya, Kak. Sehat selalu.
13:05 01/11/2020