[Diet Maag (Gastritis)]
Kasri Kasri
Met sore Dok, permisi mau tanya makanan sehat u/ penderita gerd ( menu mkn sehat gerd ) mksih Dok. . 🙏
15:46 01/11/2020
NURVITA S. GUSTI ahligizi
Selamat Sore Kak Kasri, Trmksih sudah berkunjung & bertanya di Dietducate: _Makanan yg diperbolehkan yaitu > nasi, nasi tim, bubur roti gandum, makaroni, jagung, kentang, ubi, talas, havermout, dan sereal (sumber karbohidrat yang kaya akan serat). Sumber protein yang diperbolehkan untuk dikonsumsi diantaranya daging tanpa lemak, ayam tanpa kulit, ikan, putih telur, susu rendah lemak, tempe, tahu dan kacang hijau. _Jenis sayuran yang diperbolehkan yaitu sayuran yang tidak menimbulkan gas seperti bayam, buncis, labu kuning, labu siam, wortel, kacang panjang, tomat, gambas, kangkung, kecipir, daun kenikir, ketimun, daun selada, dan taoge. _Sayuran yang dihindari diantaranya kol, kembang kol, lobak, sawi, nangka muda, dan sayuran mentah yang apabila dikonsumsi akan mengakibatkan peningkatan asam lambung. _Buah-buahan yang diperbolehkan untuk dikonsumsi diantaranya jeruk, apel, pepaya, melon, jambu, pisang, alpukat, belimbing, mangga. Buah buahan yang banyak mengandung gas dan harus dihindari oleh penderita penyakit gastritis/gerd diantaranya durian, nangka, cempedak, nanas, dan semua jenis buah-buahkan yang diawetkan. Makanan yang dianjurkan saat gastritis/gerd kambuh sebaiknya mengkonsumsi makanan dalam bentuk lunak. Konsumsilah puding, bubur sumsum,biskuit yang dicampur dengan susu hangat dan pisang dalam porsi sedikit tetapi sering. Trmksih/Semoga Membantu 🙏😇
17:23 01/11/2020