[Masalah Berat Badan]
Dahlia Irawan
Malam dok bb saya 68 TB 152... Saya sedang menjalani diet, dengan mengurangi asupan kall, saya udah 2 minggu menjalani diet ini,BB saya sekarang 65,di bantu juga dengan olahraga jalan santai sama plenk, tapi kadang saya suka merasa pusing saat mau bediri setelah duduk agak lama, apa ada yang salah dengan pola diet saya?karna saya cuma makan telor, ayam tanpa lemak, keju, roti gandung tawar, sayuran hijau sama buah dan keju itu menjadi menu harian sya... Dan saya menyetop asupan gula sejak diet sya mulai. Mohon beri petunjuk diet yang sehat dok
18:31 01/11/2020
Tyas Asri Anindyaningrum, S.Gz., AIFO ahligizi
Halo kak Dahlia terimakasih sudah bertanya di Dietducate. Banyak faktor kak, coba evaluasi 1. Bisa jadi asupan kalori harian kurang dari kebutuhan basal tubuh sehingga merasa pusing, konsumsi 1500-1700 kal, jangan terlalu rendah dari kalori tsb. 2. Kurang karbo, Tubuh membutuhkan karbohidrat sebanyak 50-60% dari porsi makanan. 3. Jenis olahraga dan intensitasnya, kemungkinan intensitas tinggi, sehingga turunkan intensitas menjadi sedang saja. 4. bisa jadi melakukan olahraga tidak sarapan, sebaiknya sarapan dahulu jam 6, dengan seimbang, kemudian olahraga jam 9, setelah olahraga bisa recovery otot dengan minum susu/makan roti tawar gandum 1 lembar dengan telur rebus 1 buah untuk pemulihan atau sebagai snack pagi Tidak mengapa bila tidak ingin mengkonsumsi gula pasir atau sukrosa. Sebaiknya tidak menghindari karbohidrat yang bersifat kompleks. Solusinya tambahkan karbo diisi piring ya, bisa berupa nasi merah, ubi singkong 1 porsi. Selengkapnya kakak bisa membaca konsulan saya untuk mengetahui menu yang seimbang, https://ahligizi.id/pertanyaan/detailpertanyaan/1924 . Semoga membantu 😊
08:44 04/11/2020
Dahlia Irawan
Terima kasih dok telah menjawan.... Misalkan klo sarapan cuma 2 telor rebus sama sayuran rebus boleh ga dok? Aku udah terbiasa sarapan di jam 9 apa sya harus menggati jam makan saya? Jam 9 sarapan 2 telor rebus sama 1 buah, baik itu pepaya, semangka/apa aja buah yg ada Jam 11 cemilan roti gandum/belvita biskuit sereal Klo ngga ada roti gandum makan buah"an lagi atw rumput laut panggang Jam 1 makan siang... Sayur rebus sama dada ayam rebus Jam 3 cemilan buah/sayur rebus lg atw keju Jam 5 makan malam... Telur rebus /dada ayam rebus sama sayuran rebus lg Itu yang menu saya setiap haringa dok... Apa udah benar atau masih salah, tolong perbaikannya untuk menu dan pola makannya suapaya diet saya berhasil... Terus udah 2 minggu ini sya haid v ga selesai selesai, apa ini efek dari diet saya atw ada kendala lain... Mohon penjelasannya....
09:28 04/11/2020