[Diet Diabetes Mellitus]
Warta Al Irsyad Jember
Gimana pengaturan menu makan penderita diabetes tipe 2
19:26 01/11/2020
NURVITA S. GUSTI ahligizi
Halo, Trmksih sudah brkunjung & bertanya di Dietducate: _Dalam melaksanakan diet, penderita DM tipe 2 harus mengikuti anjuran 3J, yaitu jumlah makanan, jenis makanan dan jadwal makanan. _Penderita diabetes mellitus makan sesuai jadwal, pembagian waktu makan yaitu 3 kali makan utama, 3 kali makan selingan dengan interval waktu 3 jam yaitu makan pagi pukul 07.00, selingan pagi pukul 10.00, makan siang 13.00, selingan siang pukul 16.00, makan sore pukul 19.00 dan selingan sore pukul 21.00. Aktifitas fisik juga berperan utama dalam pengaturan kadar gula darah. _Makanan yang dianjurkan untuk penderita diabetes diantaranya ayam tanpa kulit, ikan, putih telur, daging tidak berlemak. Sumber protein nabati yang dianjurkan diantaranya tempe, tahu, kacang hijau, kacang merah, kacang tanah, kacang kedelai, sayuran yang diperbolehkan diantaranya kangkung, daun kacang, oyong, ketimun, tomat, labu air, kembang kol, lobak, sawi, selada, seledri, terong. Buah-buahan seperti jeruk, apel, pepaya, jambu air, salak dan belimbing diperbolehkan untuk dikonsumsi. _Semua jenis karbohidrat seperti nasi, bubur, roti, mie, kentang, singkong, ubi, sagu, gandum, pasta, jagung, talas, havermout, sereal dan kentang diperbolehkan namun dibatasi sesuai kebutuhan. _Kurangi gula dan makanan manis. Diet bebas gula tidak perlu benar- benar dipatuhi dengan ketat, gula dapat dipakai sebagai salah satu bahan didalam makanan, misalnya didalam sereal sarapan gandum utuh. Konsumsi maksimum gula sebesar 5% dari total kebutuhan energi sehari. Minuman manis dapat diganti dengan minuman bebas gula. _Kurangi garam dengan membatasi jumlah asupan makanan olahan serta garam tambahan. Rempah dan bumbu dapat digunakan sebagai alternatif. Trmksih/Semoga Membantu🙏😇
03:11 02/11/2020