[Lainnya......]
anonim
Selamat malam, mau bertanya. Untuk ampas kopi apa masih bisa dimanfaatkan untuk kesehatan ya dok? Kalau iya biasanya untuk apa saja? Terimakasih dok
21:57 02/11/2020
NURVITA S. GUSTI ahligizi
Selamat pagi Kak... Trmksih sidah bertanya di Dietducate: Berikut berbagai manfaat ampas kopi: 1. Membersihkan Kulit > Ampas kopi bermanfaat untuk mengeksfoliasi kulit mati dan kotoran yang menumpuk di permukaan kulit. Oleh karena itu, ampas kopi dapat digunakan sebagai scrub wajah dan badan. Lakukanlah scrub menggunakan ampas kopi seminggu sekali untuk mendapatkan kulit wajah dan tubuh yang bersih dan sehat. Anda bisa melakukannya dengan gerakan memutar. 2. Mengurangi Selulit > Selulit adalah musuh utama kebanyakan wanita karena sulit dihilangkan. Kabar baiknya, ampas kopi dapat digunakan untuk membantu mengurangi tampilan selulit. Kafein dalam ampas kopi bekerja dengan menarik cairan dari sel lemak dalam selulit. Gurat selulit pun tampak mengecil dan kulit terlihat lebih halus. 3. Mata Indah > Manfaat lain dari ampas kopi adalah mampu mengempiskan mata yang sembap. Istimewanya lagi, bahan alami ini juga bisa membantu mengatasi lingkaran hitam di bawah mata. Kafein pada kopi bekerja dengan melancarkan peredaran darah, sehingga mengurangi penumpukan cairan di bawah mata. 4. Antipenuaan untuk Kulit > Menggunakan ampas kopi dalam rangkaian perawatan wajah bisa membantu mencegah tanda-tanda penuaan dini, seperti flek kehitaman dan garis-garis halus wajah. Kandungan antioksidan polifenol dalam kopi membantu mencegah kerusakan kulit. Kulit pun akan tambah sehat dan awet muda. 5. Mengurangi Peradangan pada Kulit > Ampas kopi juga bisa mengurangi peradangan pada kulit. Manfaat ini dihubungkan dengan adanya chlorogenic acid (CGA) dan melanoidin dalam kopi. Selain itu, kandungan antioksidan dalam ampas kopi juga bersifat menenangkan ketika di oleskan pada kulit yang meradang. 6. Bantu Mengatasi Jerawat > Ampas kopi memang tidak serta merta langsung menghilangkan jerawat. Namun, adanya kandungan CGA dalam ampas kopi mampu mengurangi peradangan, sekaligus memiliki sifat antibakteri. Melakukan scrub wajah secara teratur dengan ampas kopi juga bisa membantu membersihkan pori-pori wajah. Pori-pori yang bersih akan menghindarkan Anda dari kemunculan jerawat. 7. Menjaga Kulit Kaki Tetap Sehat > Ampas kopi tak hanya untuk kulit wajah. Anda bisa juga menggunakannya untuk membersihkan kulit kaki agar tetap halus dan terbebas dari kaki pecah-pecah. Selain itu, memijat sekaligus membersihkan kaki dengan ampas kopi juga membantu melancarkan aliran darah ke kaki. Aroma ampas kopi juga bisa menyingkirkan bau tak sedap pada kaki, utamanya saat Anda mengenakan kaus kaki sepanjang hari. Semoga Bermanfaat 🙂
08:08 26/02/2021