[Masalah Berat Badan]
Farah Safira
Tadi saya melihat youtube ahli gizi mengenai sayur bisa menghambat penurunan berat badan. Apakah benar? Kalay benar alasannya kenapa ya?
23:13 02/11/2020
Tyas Asri Anindyaningrum, S.Gz., AIFO ahligizi
Halo kak Farah. terimakasih sudah bertanya di Dietducate. Itu jadi salah satu faktor kak. sebenernya ada faktor lainnya. Prinsip penurunan berat badan adalah defisit kalori artinya makan kurang dari kebutuhan tubuh. Alasannya : Bila konsumsi porsi sayur lebih banyak daripada karbo dalam isi piring, maka menimbulkan rasa kenyang lebih lama sehingga menekan rasa untuk ingin ngemil lagi, contohnya : makan nasi goreng 100gr telur dadar dgn kalori 500kal dan nasi 1centong, pecel 1 porsi telur rebus dan tahu bacem 400 kal. Menu 1 akan membuat lapar lagi bahkan sblm 3 jam, karena kurangnya serat, sedangkan menu kedua, karena porsi sayuran lebih banyak dr nasi akibatnya akan kenyang lebih lama. Tetepi tetap, prinsipnya asupan yang dikonsumsi kurang dari kebutuhan tubuh. Apakah sudah jelas? Semoga membantu 😊
15:22 03/11/2020
Farah Safira
Berarti pada dasarnya ketika akan kalori defisit tidak ada pantangan sayur sayuran ya?
16:15 03/11/2020
tidak ada kak, perhatikan cara pengolahan nya juga ya kak, dimasak dengan minyak banyak/santen akan meningkatkan kalori contoh : gulai daun singkong. Apabila sedang mengalami masalah pencernaan seperti perut kembung, asam lambung sedang naik/terasa perih, hindari : daun pepaya, daun singkong, sayur nangka,kol, brokoli, dan kembang kol, ini menyebabkan perut begah dan kembung. ☺️
22:15 03/11/2020
Farah Safira
Baik dok, terimakasih banyak informasinya ❤
22:18 03/11/2020