[Masalah Berat Badan]
anonim
Slamat.malam,saya yani usia 37 th tb 167 bb 83kg. Saya lagi mau nyoba diet dengan pola makan. Tapi tetep makan nasi gitu. Kira2 apakah ada ukuran/takaran yang disarankan untuk berat spt saya. Misal : nasi brp gram, protein brp gram. Target saya sih 60 kg dok. Trima kasih.
22:53 03/11/2020
Tyas Asri Anindyaningrum, S.Gz., AIFO ahligizi
Selamat malam, terimakasih sudah bertanya di Dietducate. Untuk target tetap disesuaikan kekonsistenan dan kondisi tubuh kakak. 1 bulan bisa turun 2-4 kg, bisa juga tidak turun bila kurang konsisten. Coba 1600-1700 kalori dulu, 1 bln bagaimana progressnya, evaluasi 1 bulan lagi. Contoh 1600 - 1700 kalori Catatan : magic com ukuran ceper warna putih sekitar 50 gr centong magic com yg cekung sekitar 70 gr makan pagi 07.00 : Nasi merah 1,5 magic com cekung 100 gr, nasi pecel+sambel kacang, tahu bacem, telur rebus, buah pepaya 1 potong = 500 kal Selingan pagi 09.00 : buah alpukat 1/2 buah = 50 kal Makan siang 12.00 : nasi merah 1,5 centong magic com 100 gr, tumis ikan pindang 1 porsi, sayur asem 1 mangkok (sayuran mix labu siam, kacang tanah, kacang panjang, daun melinjo), buah jeruk 1 buah -> 500 kal Selingan 15.00: susu skim atau low fat -> 150 kal. 16.00 - 17.00 olahraga disesuaikan kemampuan, intensitas sedang, yang disukai targetnya bisa konsisten dulu misal 2 hari olahraga, 1 hr rest, 2 hari olahraga, 1 hr rest. Makan malam 18.00 : nasi merah 2 centong magic com ceper 100gr, pepes ikan kakap+tahu 1 buah, 1 mangkok sayur bayam (wortel+jagung+oyong), pepaya 1 potong -> 500 kal Bila malam lapar (boleh iya boleh tidak) : edamame 2-3 genggam atau 50 gr = 50-100 kal Penjelasan : 1. konsumsi yogurt 2x seminggu untuk memperbaiki hormon lapar kenyang *bila tidak ada alergi susu 2. Sumber karbo beras merah,jagung, ubi, singkong mengandung serat lebih tinggi efeknya kenyang lebih lama 3. Sayuran mix 2-3 macam : kaya antioksidan, vitamin mineral, memperbaiki sel2 4. susu sumber kalsium, pilih yg skim atau low fat untuk kesehatan tulang 5. air putih 8 gelas sehari 6. Makan maksimal 3 jam sebelum tidur 7. kalori makan malam dianjurkan lebih sedikit drpada makan pagi dan siang bila aktivitas banyak di pagi dan siang. 8. Maksimal makanan digoreng sehari 1-2 jenis bahan makanan saja contoh : pagi : tidak ada yg digoreng, siang : tumisan, malam : tidak ada yg digoreng. Hindari makanan tinggi lemak : nasi goreng, santan kental, 9. Hindari makanan yg terlalu manis : cake dgn cream manis, minuman manis kemasan, softdrink, es campur, es cendol yg tinggi gula. 10. Menu makanan rumahan home made lebih terkontrol kalorinya daripada jajan diluar. 11.Dlm menu masih kurang memenuhi vitamin E bisa dikombinasikan tauge atau alpukat di dlm menu Apakah sudah jelas? ada pertanyaan? Evaluasi 1 bulan lagi ya kak untuk mengetahui perkembangan penurunan berat badan 😊
09:33 04/11/2020
anonim
Baik dok, terima kasih sarannya. Saya lsg praktekin dok. Saya makan no minyak, no santan, dan no tepung dl. Sm jalan tiap hari. Dan sdikit exercise bbrp menit..smoga bhasil. Nnt saya akan update hasilnya ya dok. Terima kasih..
19:14 07/11/2020
anonim
Owh ya dok, mau nanya lagi, klo seandainya timbangan stuck tp bagian2 paha, lengan dan perut mengecil. Msh tetap dg pola makan yg dokter kasih, brarti apakah sdh benar polanya? Atau bgmn? Aq olahraga konsisten jalan 4t menit sampai 1 jam.trima kasih dok.
20:56 09/11/2020