[Gizi Olahraga & Kebugaran]
Pipint Mpiint
Dok. Saya tipe badan endomorph , kalori harian sayab1300 krn Tinggi badan saya 156cm dan Berat badan saya sekarang 58Kg (setelah diet 1,5 bulan) ... Kira kira makronutrien yang tepat itu masing masing berapa persen ya dok .? Mohon bantuan jawabanya... Terimakasih
20:59 04/11/2020
Shafira Tri Handayani, S.Tr.Gz ahligizi
Halo Sdra/i Pipint Perkenalkan saya Ahli Gizi Shafira Berdasarkan data diatas, didapatkan BB 58 kg, TB 156cm, IMT (indeks massa tubuh) 23,8 kg/m2 (Normal). Untuk BB dan TB sdra/sdri Pipint saat ini dibutuhkan 1450 kkal untuk memenuhi kebutuhan dasar metabolisme saja. Jika sdra/sdri Pipint menjalani aktivitas sehari-hari yang tergolong sedang, maka kebutuhan gizi menjadi 1740 kkal per hari. Pembagian persen masing-masing makronutrien: Protein 20% Lemak 20% Karbohidrat 60% Orang dengan kategori bentuk tubuh endomorph berat badannya cenderung mudah naik dan sulit kehilangan lemak. Ototnya juga cenderung tersembunyi oleh lemak. Tipe tubuh endomorph merespon dengan baik pada latihan kekuatan. Maka, disarankan untuk tetap menjalankan aktivitas fisik dan olahraga rutin untuk tetap menjaga kesehatan, kebugaran serta indeks massa tubuh dalam rentang normal. Terima kasih, Salam sehat!
10:01 10/10/2021