[Gizi Olahraga & Kebugaran]
anonim
Hai Dok, saya mau tanya tentang asupan gizi harian.
Setiap hari yang saya konsumsi adalah:
1. sarapan sereal oat (tanpa tambahan lain) dan 2 butir telur.
2. Makan siang dengan beras merah + sayuran dan daging atau ikan.
3. Malam hari saya konsumsi 3 buah tomat dan segelas susu kalsium.
Untuk supplement saya konsumsi minyak ikan omega 3 dan ekstrak bawang putih setiap hari, dan vit C 500 (setiap senin, rabu dan jumat).
Sebagai tambahan saya Pria 34th, tidak merokok dan konsumsi kopi, hanya teh hijau + madu setiap hari.
Mohon saran dan arahannya Dok, apakah dengan pola yang sekarang sudah cukup atau ada yang harus saya kurangi? Atau ada yang harus saya tambah lagi.
Terima kasih
08:15 18/07/2018
Fitri Ahli Gizi ID ahligizi
Halo Bapak/Ibu/Kakak
Saya Fitri, ahli gizi yang tergabung di laman ahligiziID
Berdasarkan data usia, jenis kelamin dan pola makan yang disebutkan di atas, beberapa poin yang dapat saya simpulkan adalah:
- Pemilihan karbohidrat, yaitu oatmeal dan beras merah, sudah cukup baik karena merupakan sumber karbohidrat yang tinggi serat.
- Lauk hewani sudah tercukupi, yaitu 3 porsi dalam sehari (untuk lauk hewani sebaiknya dipilih dengan metode masak yang rendah lemak, misalnya panggang, bakar, kukus, atau rebus)
- Anda boleh menambakan 2-3 porsi lauk nabati, misalnya kacang-kacangan, tahu, atau tempe, agar asupan protein harian lebih seimbang.
- Asupan sayur dan buah sudah memenuhi 2-3 porsi. Bisa ditambah menjadi 5-6 porsi dalam sehari agar asupan serat, vitamin dan mineral dapat tercukupi.
Untuk mengetahui porsi yang dianjurkan bagi masing-masing golongan makanan di atas, dapat di baca di: https://ahligizi.id/artikel/detailartikel/17/terbaru_terpopuler/Ukuran-Standar-Porsi-Bahan-Makanan -(Food-Exchange-List)
- Konsumsi teh hijau cukup baik karena kandungan antioksidannya tinggi. Sedangkan madu, jika digunakan sebagai pengganti gula dan tidak dikonsumsi lebih dari 5 sendok makan perhari, maka boleh diteruskan.
- Poin-poin terkait suplemen yang perlu diperhatikan:
1. Beberapa asosiasi kesehatan menganjurkan konsumsi 250-500 mg suplemen omega 3 untuk dewasa sudah cukup untuk mendukung kesehatan tubuh secara umum. Selain itu, British Dietitian Association menyebutkan bahwa konsumsi 150 gram/3-4 porsi ikan tinggi omega 3(misalnya salmon, tuna, makarel) dalam 1 minggu juga bisa memberikan manfaat yang sama baiknya.
2. Kebutuhan vitamin C untuk pria dewasa berdasarkan AKG 2013 adalah 90 mg dalam sehari. Asupan vitamin C yang berlebihan hanya akan dibuang oleh tubuh melalui urin karena merupakan vitamin larut air. Jika asupan konsumsi 5-6 porsi buah dan sayur (utamanya yang berwarna merah atau oranye ) sudah tercukupi, maka suplemen vitamin C tidak lagi diperlukan, karena asupan vitamin C sudah diperoleh dari buah dan sayur tersebut.
3. Ekstrak bawang putih boleh dikonsumsi untuk memberikan asupan antibiotik alami. Perhatikan dengan cermat dosis dan cara penggunaan agar manfaatnya bisa dirasakan tubuh dengan optimal.
Demikian, terima kasih, semoga bermanfaat.
Salam sehat.
10:49 05/09/2018