[Masalah Berat Badan]
033_Ayu Rachmawaty
Halo dokter, saya perempuan usia 21 dengan TB 160 namun BB saya hanya 35. Saya hampir tidak pernah melakukan aktivitas berat, hanya rutin bekerja duduk di depan laptop. Pola makan saya 2-3 kali tapi jarang sekali makan camilan. Tiap pagi hampir selalu konsumsi kopi sachet dengan snack biskuit coklat. Kira² saya harus mengkonsumsi apa agar berat badan saya bisa naik? Sudah konsumsi susu sapi dan etawa ± satu bulan juga tidak ada perubahan apapun. Trims dokter
07:43 05/11/2020
Siti Rizqa Ulya Firdaus A.Md.Gz  ahligizi
Hallo ka Ayu 👐 terimakasih sudah memilih berkonsultasi dengan kami 😊 setelah saya hitung IMT kka ada pada kategori "underweight/kurus berat". Idealnya berat badan kaka seminimalnya adalah 47kg, idelanya 55 sd 56kg dan maksimal 64kg. Jadi saat ini berat kaka 35kg sehingga kaka harus menambah berat badan sekitar kurleb 12kg. Sebelumnya ijinkan saya untuk bertanya bagaimana pola makan kka selama ini serta aktivitas kaka sehari² dan apakah kaka ada riwayat penyakit infeksi. semoga membantu 🙏🏻
05:22 06/11/2020
033_Ayu Rachmawaty
Pagi dokter Siti Rizqa. Untuk diketahui pola makan saya rutin nasi satu piring dan satu lauk (jarang makan lauk kombinasi) dengan porsi normal rata² 2x sehari. Aktivitas sehari² hanya duduk belajar di depan laptop, tidak pernah olahraga. Untuk infeksi sepertinya tidak pernah dokter, hanya saja dulu waktu kecil saya pernah sakit amandel parah dan pernah kena penyakit Salmonella.
06:24 06/11/2020
033_Ayu Rachmawaty
Waktu kecil juga saya selalu mengkonsumsi susu dan vitamin dalam jumlah tinggi. Setiap hari minum 2-3 gelas susu plus multivitamin seperti Igastrum, Scott Emultion, Sakatonik ABC dll. Berbagai merk susu sudah saya minum termasuk Appeton Weight Gain, tapi tetap saja dari kecil tidak ada perubahan berat badan pada diri saya. Saya bingung dokter sedari dulu berat badan saya tidak pernah ideal untuk TB dan usia saya
06:28 06/11/2020