[Lainnya......]
asria destiana
Assalamualaikum kak berat badan saya 97 kg tinggi 154 cm mau nurunin berat badan. Sya sakit skizofrenia ada bisikan dikuping obat yg saaya minum zac, respiridone, olanzapine, asam folat dan thp sya juga punya magh gimana ya kak ngatur pola makan dari pagi smpe mlem?
15:55 06/11/2020
Shafira Tri Handayani, S.Tr.Gz ahligizi
Halo sdra/sdri Asria Destiana Perkenalkan saya Ahli Gizi Shafira Terima kasih atas pertanyaannya. Berdasarkan informasi di atas, sdra/sdri Asria mengonsumsi obat anti-psikotik generasi kedua (risperidone dan olanzapine) yang memiliki efek samping peningkatan berat badan, serta naiknya kadar gula darah dan kolesterol. Untuk menurunkan berat badan pada penderita maag dengan skizofrenia on therapy adalah dengan menjalankan prinsip diet "Porsi kecil tapi sering". Sdra/sdri Asria bisa mulai dari 3x sehari makan utama dan 3x sehari makan selingan. Dalam porsi yang kecil/sedikit tapi berulang per periode waktu yang disesuaikan dengan kemampuan lambung sendiri, untuk menghindari mual&kembung akibat makan terlalu banyak dan dalam waktu yang singkat. Untuk pemilihan jenis makanan, pilihlah bahan makanan yang tidak merangsang produksi asam lambung, kurangi makanan yang bergas dalam jumlah banyak seperti kol, durian, nangka, brokoli, kembang kol, sawi, ubi, kacang-kacangan, dsb. Pilihlah sayuran hijau dan buah-buahan seperti kangkung, bayam, pepaya, sawi hijau, buncis, daun singkong, daun pepaya, alpukat, pisang, dsb. Perhatikan waktu makan. Penderita maag harus dispilin dalam menjalankan diet, salah satunya dari waktu makan yang tepat, tidak telat makan. Tentukan jam makan per hari per bagian makan utama dan selingan. Misalnya pada jam 6 sarapan, jam 10 selingan, jam 12 makan siang, jam 4 selingan, jam 6 sore makan malam, jam 8 selingan. Tetap jalankan aktivitas fisik dan olahraga rutin. Menurunkan berat badan tidak efektif jika hanya dari mengatur makan saja, terlebih jika ditambah efek samping dari obat yang dikonsumsi. Maka, akan lebih baik jika diimbangi dengan olahraga rutin atau latihan kekuatan. Untuk mengurangi massa lemak dan meningkatkan massa otot. Salam sehat, Terima kasih.
10:24 10/10/2021