[Diet Diabetes Mellitus]
Yeni Yeni
Assalamualaikum pak/bu maaf mengganggu waktunya. Saya ingin bertanya bu intervensi apa yg di berikan pada pasien diabetes mellitus tipe 2 bu dan media apa yg cocok untuk di jadikan intervensi bu kecuali leaflet dari konseling bu. Terimakasih bu
20:54 06/11/2020
Tyas Asri Anindyaningrum, S.Gz., AIFO ahligizi
halo kak Yeni, terimakasih sudah bertanya di Dietducate 😊, intervensi pada pasien diabetes tergantung masalahnya/diagnosisnya, dan jenis intervensi ke individu atau kelompok. Kalau ke individu : asessment, cari masalahnya intervensi berupa kebutuhan sehari, rekomendasi menu, dan edukasi atau lebih mendalam dengan konseling.
Media yang cocok ajari cara makan dengan gizi seimbang dengan menggunakan isi piringku untuk diabetes beserta porsi makanan dan ukuran penukarnya yang mudah diaplikasikan. misal mengajarkan ukuran nasi 100gr bisa juga dengan centong nasi, yg ceper @50gr 2 centong, yg cekung @75gr 1,5 centong dll.
Semoga membantu 😊
23:38 06/11/2020
Yeni Yeni
Terimksih bnyak bu, sgt membntu sya bu.
Bu boleh tnya lg ga bu? Smoga boleh ya bu.
Kalau alat bantu leflet dlm metode konseling bu, isi dr leflet nya apa saja bu untk penderita diabetes bu?
Soalnya saya ad kegiatan dr kampus untuk magang d rumah masing masing bu, dn mencari pasien bu. Dn dlm minggu ini kami intervensi selama 2 minggu bu, maaf ya bu kok jd curhat;)
Terimakasih bu
06:56 07/11/2020