[ASI & Menyusui]
Silvia Puspaningrum Sunaryo
Saran porsi makanan seimbang untuk ibu menyusui dengan diet alergi (BSTIK). Terima kasih.
02:22 07/11/2020
Hallo Kak Silvia,,, Terimakasih Sudah Bertanya Di Dietducate:
_Secara umum, ibu menyusui membutuhkan 500 kalori lebih banyak daripada wanita yang tidak menyusui. Namun, kebutuhan kalori setiap ibu menyusui bisa berbeda jumlahnya. Hal ini tergantung pada banyak faktor, seperti aktivitas sehari-hari, metabolisme tubuh, dan frekuensi menyusui.
_Saat menjalani masa menyusui, tubuh Busui akan melepaskan hormon oksitosin yang akan membuat Busui lebih sering merasa haus. Oleh karena itu, minumlah air putih setiap kali Busui merasa haus. Namun, Busui juga bisa mengonsumsi minuman lain, seperti jus buah.
_Sederet Makanan Ibu Menyusui yang Disarankan Diet (BSTIK)
1. Gandum utuh dan beras merah > Ibu menyusui membutuhkan asupan energi yang cukup dari makanan. Sumber energi ini bisa diperoleh dari karbohidrat yang terdapat dalam nasi, roti, kentang, ubi, dan gandum utuh dan beras merah yang kaya akan serat.
Terutama gandum utuh, tak hanya mengandung karbohidrat dan serat, makanan ini juga kaya akan folat yang sangat baik untuk ibu menyusui dan bayi. Busui bisa mencampur gandum utuh dengan beras merah guna memproduksi ASI dengan kualitas yang tinggi.
2. Buah dan Sayuran > Buah dan sayuran merupakan sumber vitamin dan mineral yang baik bagi tubuh Busui dan Si Kecil. Tak hanya itu, buah dan sayuran juga mengandung serat yang baik untuk pencernaan, sehingga Busui bisa terhindar dari sembelit.
Namun, sebelum mengonsumsinya, pastikan buah dan sayuran sudah dicuci bersih dan bebas dari pestisida, ya.
Semoga Membantu 🙂
04:59 13/10/2021