[Gizi Olahraga & Kebugaran]
anonim
Supaya badan sehat
23:19 07/11/2020
NURVITA S. GUSTI ahligizi
Halo Kak,,, Terimakasih sudah bertanya di Dietducate: > Beberapa tips agar badan tetap sehat & Bugar: 1.Mengonsumsi makanan sehat > Sebaiknya kurangi makanan yang mengandung banyak lemak, gula, dan garam, serta disarankan untuk makan setidaknya lima porsi buah dan sayuran. Hal ini adalah untuk mencegah penyakit jantung, stroke, dan beberapa jenis kanker.|Agar tetap sehat, terapkanlah pola makan bergizi seimbang setiap hari. Penting mengonsumsi makanan sumber protein, seperti daging, telur, kacang-kacangan, terutama ikan yang menjadi sumber protein penting karena mengandung vitamin, mineral, dan asam lemak omega-3. Upayakan mengonsumsi dua porsi ikan setiap minggu. Sebagai pelengkap, konsumsilah susu, keju, maupun yoghurt yang merupakan sumber protein dan kalsium, untuk menjaga kesehatan 2. Mengontrol berat badan > Meski mengontrol berat badan menjadi salah satu cara hidup sehat yang sulit dilakukan, tapi sebenarnya ada dua cara mudah yang bisa dilakukan dalam mengontrol berat badan Anda, yaitu menjalankan pola makan sehat dan berolahraga secara teratur. Dengan berat badan yang ideal, daya tahan tubuh Anda akan terjaga dan risiko berbagai penyakit kronis akan menurun. 3. Menjaga kualitas tidur > Kurangnya kualitas tidur termasuk dalam salah satu faktor kesehatan yang buruk. Salah satu cara untuk memperbaiki kualitas tidur adalah membiasakan tidur dengan cukup, di jam yang sama setiap harinya. Untuk orang dewasa, dibutuhkan tidur sekitar enam hingga sembilan jam setiap malam. Selain itu, membuat suasana kamar tidur yang nyaman juga dapat meningkatkan kualitas tidur, misalnya dengan menjaga kebersihan kamar dan menciptakan suasana yang tenang. Matikan televisi, radio, dan hindari memainkan gadget beberapa saat menjelang waktu tidur. > Cara hidup sehat lainnya yang tak kalah penting adalah berhenti merokok. Salah satu penelitian menyebutkan bahwa penyebab kematian terbesar dari kanker paru-paru diakibatkan oleh merokok. Hindari pula penggunaan narkotika dan obat-obatan terlarang, serta minuman beralkohol. > Cara hidup sehat perlu dilakukan secara konsisten agar dapat bermanfaat secara optimal. Anda bisa berkonsultasi dengan dokter mengenai cara hidup sehat yang sesuai kondisi Anda, terutama jika memiliki masalah kesehatan khusus. Semoga membantu 🙂
05:38 23/03/2021