[Lainnya......]
Enong Nakliah
Anak kecil umur 4 tahun lidah pecah + bibir kering dan sariawan apa yah ka solusinya atau sembuhnya
13:36 08/11/2020
NURVITA S. GUSTI ahligizi
Halo Kak Enong, Trmksih Sudah berkunjung dan bertanya di Dietducate: Langkah pertama yg harus dilakukan yaitu 👇 1. Mengompres dengan es Kompres es pada sariawan dapat membantu meredakan peradangan dan pembengkakan di bagian mulut yang terluka, sehingga rasa perih yang muncul bisa berkurang secara perlahan. Kompres dilakukan dengan cara membungkus beberapa es batu dengan kain yang bersih. Kemudian, tempelkan bungkusan es tersebut pada area munculnya sariawan. Selain dengan memberi kompres dingin, Bunda juga dapat memberikan Si Kecil jus buah dingin, untuk meredakan sariawannya. 2. Menjaga kebersihan mulut Cara lain untuk mengatasi sariawan adalah menjaga kebersihan mulut, yaitu dengan rutin menyikat gigi 2 kali sehari menggunakan pasta gigi khusus anak. Selain itu, pastikan untuk memilih sikat gigi berbulu lembut untuk Si Kecil. Hindari menyikat gigi terlalu keras sebab bisa memperburuk sariawan. Setelahnya, Bunda bisa meminta Si Kecil berkumur dengan air garam atau obat kumur yang tidak mengandung sodium lauryl sulfate (SLS) serta alkohol. Bila perlu, Bunda bisa berkonsultasi dengan dokter gigi untuk memilih obat kumur yang tepat untuk Si Kecil. 3. Cukupi kebutuhan Gizi anak Ketika sedang terkena sariawan, anak akan menjadi malas makan dan minum. Padahal, kebutuhan Gizi dan cairannya tetap perlu terpenuhi. Untuk sementara waktu, hindari memberikan Si Kecil makanan yang pedas, asam, terlalu panas, atau bertekstur keras dan renyah. Untuk menyiasatinya, berikan ia makanan lembut yang mudah ditelan, seperti bubur atau nasi dan sup. Berikan anak air putih secara teratur untuk mencegahnya mengalami dehidrasi. Dengan memberikan beberapa obat sariawan anak di atas, biasanya sariawan akan membaik dalam waktu beberapa hari. Namun, Bunda tetap perlu waspada jika sariawan yang dialami anak jumlahnya banyak atau berukuran besar, tak kunjung membaik setelah lebih dari 2 minggu, atau menyebabkan anak tampak sangat lemas. Jika Si Kecil mengalami sariawan beserta beberapa gejala di atas, Bunda sebaiknya segera membawa Si Kecil ke dokter untuk mendapatkan pemeriksaan dan pengobatan yang tepat. Trmksih/Semoga Membantu 🙏😇
06:57 09/11/2020
Enong Nakliah
Jika bayi umur 5 bulan sedang sariawan lalu langit langit mulut dan lidah banyak bintik sariawan itu bagaimana yah? Terimakasih
20:59 10/11/2020
NURVITA S. GUSTI ahligizi
02:44 11/11/2020