[Diet Maag (Gastritis)]
Wanti Kania
Usia saya 24th,BB 65,6kg,tinggi 160 pengen turun jadi 50kg tapi punya asam lambung gimana caranya ya dok ?
14:43 08/11/2020
Nadya Elfita, S.Gz ahligizi
selamat sore. terima kasih sudah menggunakan platform ini untuk berkonsultasi. Pada prinsipnya, mengurangi asupan kalori 500-1000 kkal/hari dapat membantu menurunkan berat badan 0.5-1 kg/ minggu. Mungkin konsep 3J dapat membantu. Jam, Jenis, Jumlah. Aturlah jadwal makan Anda dan coba disiplin dengan jadwal yang telah dibuat. Pilih jenis makanan yang cenderung rendah kalori atau cara pengolahan makanan yang minim minyak/santan/sumber lemak jenuh lainnya. Kemudian aturlah porsi makan Anda. misalnya, Anda biasa mengonsumsi 2 ctg nasi dalam sekali makan, Anda dapat mengurangi menjadi 1.5 ctg atau mungkin menggantinya dengan karbohidrat kompleks seperti kentang/umbi2an. Apabila Anda memiliki gangguan asam lambung dan khawatir dengan hal tersebut, Anda dapat mengatur jadwal makan Anda menjadi lebih sering namun dalam porsi kecil. Usahakan untuk tidak mengonsumsi makanan yang terlalu pedas, asam, dan menimbulkan gas. Lakukan tracking asupan kalori Anda, Anda dapat menggunakan berbagai macam aplikasi tracking kalori yang bisa didownload. Cobalah juga untuk membiasakan membaca label kandungan gizi saat hendak membeli/mengonsumsi sesuatu. Alangkah lebih baik jika Anda dapat melakukan olahraga secara rutin atau menjadi lebih aktif setiap harinya untuk membantu membakar kalori. Tidak perlu olahraga berat, jalan santai selama 45 menit/lakukan olahraga apapun yang membuat Anda selalu senang untuk melakukannya. Semoga membantu :)
15:31 08/11/2020
Wanti Kania
Hari ini saya mencoba mengurangi jumlah makanan,tapi saya merasakan pusing dok. Itu kenapa ya ?
15:37 08/11/2020
Nadya Elfita, S.Gz ahligizi
Boleh diceritakan terlebih dahulu seberapa banyak pengurangan yang Anda lakukan dan sudah berapa lama?
15:40 08/11/2020
Wanti Kania
Baru hari ini dok.. saya kurang mengerti tentang jumlah kalori. Sarapan sm makan siang sy pakai nasi 5sdm sm sayur buncis 4sdm selingan antara sarapan sm makan siang saya makan pisang 2 buah.. 1 jam setelah sarapan dan mkn siang sy minum teh hijau
15:45 08/11/2020
Wanti Kania
Apa sudah betul diet sy dok ?
15:52 08/11/2020
Nadya Elfita, S.Gz ahligizi
jika saya bantu analisa, kebutuhan kalori Anda berada pada 1460-2200 kkal/hari. 1460 merupakan nilai BMR (basal metabolic rate) yaitu kalori minimal yang perlu dipenuhi tubuh dalam keadaan istirahat, tanpa melakukan apapun. 2200 merupakan jumlah kalori maksimal yang dapat diasup untuk mempertahankan berat badan pada tingkat aktivitas ringan. Untuk perhitungan asupan kalori Anda dapat menghitungnya menggunakan aplikasi yang dapat didownload pada ponsel Anda, atau menghitungnya secara manual dengan mencari kandungan gizi bahan makanan yang Anda hendak/telah konsumsi. Usahakan untuk tidak mengonsumsi total kalori/hari di bawah nilai BMR Anda sehingga fungsi metabolisme tubuh Anda dapat tetap berjalan secara optimal. Oleh karena itu, usahakan untuk tidak memotong kalori terlalu ekstrim dalam jangka panjang agar suplai energi bagi tubuh dan otak tetap tersedia.
16:11 08/11/2020
Nadya Elfita, S.Gz ahligizi
Dari apa yang telah Anda sebutkan sebelumnya, Anda telah mengonsumsi sayur dan memilih buah untuk dikonsumsi saat makan selingan. Hal ini sebaiknya dipertahankan :) Namun, jika saya coba bantu perkirakan, total kalori yang diasup masih di bawah BMR. Alangkah lebih baik jika di tiap waktu makan Anda juga tetap menambahkan sumber protein. selain untuk membantu memenuhi kebutuhan kalori minimal yang dibutuhka , sumber protein juga dapat membantu membuat rasa kenyang lebih lama. semoga membantu :)
16:17 08/11/2020
Wanti Kania
Terimakasih sudah menjawab pertanyaan sy dok.. jangan kapok yaaa kalau sy bertanya lagi.. mohon bimbinganya supaya sy bisa mencapai BB ideal saya
16:21 08/11/2020
Wanti Kania
Penambahan kaldu bubuk dlm program diet diperbolehkan tidak dok ?
16:22 08/11/2020
Nadya Elfita, S.Gz ahligizi
ur welcome & anytime Kak, semangat! :)
16:23 08/11/2020
Nadya Elfita, S.Gz ahligizi
penambahan kaldu bubuk tidak masalah kok, secukupnya ya :)
16:24 08/11/2020
Wanti Kania
Jumlah kalori yg harus dipenuhi saay diet untuk saya berapa dok
16:57 08/11/2020
Nadya Elfita, S.Gz ahligizi
usahakan tidak di bawah 1460 ya Kak :) bisa dicoba di angka 1700kkal + dibantu olahraga untuk membakar kalori
17:27 08/11/2020