[Masalah Berat Badan]
ndo ernie
bagaimna cara cepat menurunkan BB agar ideal?, BB 76kg TB 158cm
22:55 09/11/2020
Shafira Tri Handayani, S.Tr.Gz ahligizi
Halo sdra/sdri Ndo Ernie
Perkenalkan saya Ahli Gizi Shafira
Dengan BB 76kg, TB 158 cm, maka IMT anda adalah 30,4 kg/m2 (Obesitas). BB ideal kamu adalah 52,2 kg dalam rentang normal 47-57 kg.
Butuh menurunkan BB 24 kg untuk mencapai BB ideal dan butuh menurunkan BB 19 kg untuk mencapai IMT dalam rentang normal.
Penurunan berat badan yang dianjurkan ialah 0,5kg/minggu, artinya membutuhkan waktu 38 minggu untuk mencapai BB dalam rentang normal IMT.
Menurunkan BB memang membutuhkan proses yang tidak instan dan usaha yang disiplin.
Mulai dari mengatur pola makan, memilih jenis makanan yang tepat, dan lakukan aktivitas fisik dan olahraga rutin.
Perbaiki pola makan, terapkan pola 3-2. 3x sehari makan utama, 2x sehari makan selingan.
Perbaiki porsi makanan, 2/3 piring merupakan makanan pokok, 1/3 piring merupakan lauk, 1/3 piring buah dan 2/3 piring sayuran. Habiskan sayuran saja terlebih dahulu, setelah itu lanjutkan makan makanan pokok+lauk dan tutup makan dengan buah.
Pilihlah jenis makanan dengan tepat, hindari makanan junk food/fast food dan minuman dan makanan kemasan. Pilih sayuran dan buah tinggi serat, hindari double karbohidrat dalam sekali makan (misal: nasi dan kentang), pilih lauk hewani rendah lemak (daging ayam tanpa kulit, telur ayam, ikan, daging merah tanpa lemak, dsb), jika mengonsumsi susu, pilihlah susu rendah lemak. Pilihlah buah-buahan segar sebagai makanan selingan.
Menurunkan BB tidak akan efektif jika tidak diimbangi dengan aktivitas fisik dan olahraga rutin. Lakukan aktivitas fisik/olahraga rutin dengan mengangkat beban/latihan kekuatan/work out guna menurunkan massa lemak dan meningkatkan massa otot.
Salam sehat,
Terima kasih.
10:53 10/10/2021