[Kehamilan]
anonim
Saya perempuan 29 tahun, menikah, indeks bmi 38, beberapa hari lalu melakukan tes kehamilan dan hasilnya positif. Berdasarkan hpht usia kandungan 4 minggu. Menurut dokter, makanan apa yg sebaiknya saya konsumsi dan saya hindari agar BB tidak naik namun tidak mengganggu pertumbuhan janin? Terima kasih
11:26 26/07/2018
Fitri Ahli Gizi ID ahligizi
Halo Ibu/Kakak
Saya Fitri, ahli gizi yang tergabung di laman ahligiziID
Selamat untuk kehamilannya, ya :)
Beberapa pedoman kehamilan internasional menyebutkan bahwa ibu hamil dengan nilai BMI lebih 30kg/m2 disarankan untuk meningkatkan berat badan hingga 5-9 kg selama kehamilan ( Untuk tumbuh kembang janin, plasenta, cairan ketuban dan kebutuhan organ tubuh ibu dalam mempersiapkan kehamilan dan menyusui).
Untuk itu, makanan yang dapat dikonsumsi sebaiknya adalah makanan padat gizi, sehingga peningkatan berat badan efektif untuk kebutuhan kesehatan ibu dan janin.
Berikut beberapa bahan makanan yang bisa dikonsumsi:
1. Hati ayam ( sumber asam folat dan zinc)
2. Telur ayam (sumber zat besi dan zinc)
3. Kacang kedelai (sumber asam folat dan kalsium)
4. Susu (sumber kalsium)
5. Ikan (sumber kalsium dan iodium)
Selain itu, untuk makanan pokok dan sayuran, utamakan memilih makanan yang banyak mengandung serat dan tetap tinggi energi & zat gizi, misalnya:
- Oatmeal, nasi merah, roti gandum, umbi-umbian
- Sedangkan untuk sayur, bisa dipilih sayur brokoli, atau sayuran berdaun hijau
Jangan lupa, hindari menggunakan metode menggoreng, goreng tepung, tumis, atau bersantan, untuk mengolah makanan, masakan atau jajanan, agar asupan lemak dalam tubuh tidak meningkat.
Demikian, semoga bermanfaat, ya
Salam sehat.
05:58 01/12/2018