[Masalah Berat Badan]
Pemyatri Sesilia
Dok, umur saya sekarang 16 tahun BB saya 64kg dan tinggi saya 159cm saya ingin menurunkan berat badan dok
06:48 11/11/2020
Nadya Elfita, S.Gz ahligizi
Halo, selamat pagi. Terima kasih sudah menggunakan platform ini untuk berkonsultasi. Kalo boleh tau, apakah sebelumnya sudah pernah melakukan program penurunan berat badan? jika iya, sudah berapa lama dan sejauh apa progressnya?
07:49 11/11/2020
Pemyatri Sesilia
Pernah, saya mencoba ocd diet jendela makan 6 jam selama 2 minggu setelah itu tidak lagi
13:53 11/11/2020
Pemyatri Sesilia
Saya merasa badan saya sudah turun tapi susah untuk sekarang saya lakukan karena saya sudah mulai aktif sekolah dari pukul 10.30 sampai 13.30
13:55 11/11/2020
Nadya Elfita, S.Gz ahligizi
Baik. Pada prinsipnya pengurangan asupan kalori 500-1000 kkal/hari dari kebutuhan per hari dapat membantu menurunkan 0.5-1 kg/minggu. Hal ini dapat dilakukan dengan cara mengurangi porsi atau mengganti jenis makanan dengan kalori yang lebih rendah. Misalnya, Anda terbiasa mengonsumsi 2 ctg nasi putih tiap waktu makan, dapat Anda kurangi menjadi 1 ctg. atau menggantinya dengan jenis sumber karbohidrat lain seperti 1.5 ctg nasi merah, 1 porsi oatmeal, atau mungkin 1 bh kentang. Usahakan pilih makanan yang diproses dengan minim minyak/santan serta penuhi asupan serat per harinya. sumber serat seperti sayur, buah, dan agar-agar selain memiliki kalori yang rendah juga dapat membantu mengontrol rasa lapar dan membuat perasaan kenyang lebih lama. Alangkah lebih baik jika defisit kalori dapat diiringi dengan latihan yang bersifat kardio. Misalnya jogging, jalan santai, atau pun aerobik dance. usahakan untuk jadi lebih aktif dari biasanya/lakukan olahraga yang membuat Anda selalu senang untuk melakukannya sehingga dapat membantu membakar kalori dan Anda dapat melakukannya secara rutin dan konsisten. Eat whatever you want but not as much as you want. Selalu tracking asupan kalori Anda dan cobalah untuk tidak terfokus pada penurunan berat badan secara dramatis dalam waktu singkat namun nikmati setiap prosesnya. Semoga membantu :)
15:05 11/11/2020
Pemyatri Sesilia
Terimakasih dok sarannya sangat membantu tetapi dok, jam makan saya tidak teratur apakah jam makan ini mempengaruhi penurunan berat badan saya?
17:44 13/11/2020
Nadya Elfita, S.Gz ahligizi
Alangkah lebih baik jika Anda dapat membuat jadwal makan untuk mencegah overeating pada waktu makan tertentu seperti misalnya Anda telat / melewatkan sarapan. hal ini kemungkinan dapat membuat Anda berkeinginan untuk mengonsumsi makanan lebih banyak pada waktu makan berikutnya. semoga membantu :)
18:48 13/11/2020