[Lainnya......]
anonim
Saya wanita berusia 28tahun dengan berat badan 43Kg dan tinggi badan 155cm dan di diagnosa Lupus Nefritis.
Diet yang saya jalani sekarang adalah diet rendah garam. Yg mau saya tanyakan adalah
1. Sampai kapan saya harus melakukan diet rendah garam ini?
2. Makanan apa yang harus di hindari untuk mencegah relaps dari Lupus Nefritis?
Terimakasihp
06:29 30/07/2018
Fitri Ahli Gizi ID ahligizi
Halo Bapak/Ibu/Kakak
Saya Fitri, ahli gizi yang tergabung di laman ahligiziID
1. Beberapa panduan diet bagi pasien yang mengalami penyakit Lupus, menganjurkan agar penderitanya selalu mengontrol asupan garam/natrium pada makanannya.
Untuk itu, ada baiknya Anda menerapkan pola makan rendah garam dalam kebiasaan makan sehari-hari.
2. Organisasi Lupus Kanada tidak menganjurkan pasien yang mengalami Lupus mengonsumsi 3 bahan makanan di bawah ini:
1) Tanaman alfala, baik dalam bentuk segar, kecambah, maupun olahan/herbal yang mengandung alfala.
2) Echinacea, yaitu sejenis bunga yang umum digunakan sebagai herbal atau teh.
3) Produk olahan kedelai, misalnya susu kedelai
Secara umum pola makan yang bergizi seimbang dengan kontrol asupan garam bisa Anda terapkan agar kebutuhan gizi tetap terpenuhi namun reaksi dari penyakit dapat tetap ditekan.
Perlu diketahui, dari data yang diberikan, kondisi tubuh Anda termasuk kurus.
Untuk mendapatkan penanganan gizi yang tepat sesuai kondisi kesehatan, Anda bisa berkonsultasi dengan Ahli Gizi secara langsung di tempat terdekat Anda.
Demikian, semoga bermanfaat.
Salam sehat.
Demikian, semoga bermanfaat.
Salam sehat.
15:09 24/11/2018