[Diet Asam Urat]
anonim
Apakah madu dapat menurunkan kadar asam urat? Saya pernah membaca artikel jika ramuan madu dapat menurunkan asam urat, apakah itu benar? Tolong penjelasannya 🙏
17:57 12/11/2020
Fithrah Amalia Rizki, S.Gz  ahligizi
Halo terima kasih sudah bertanya. Kadar asam urat yang melebihi nilai batas normal dinamakan hiperurisemia. Mekanisme terjadinya hiperurisemia yaitu adanya kelebihan produksi asam urat di dalam tubuh dan terdapat penurunan pada ekskresi asam urat melalui urin. Berdasarkan pada beberapa penelitian yg dilakukan madu memiliki kandungan antioksidan, vitamin C dan flavonoid. Flavonoid memiliki daya hambat kerja enzim xantian oksidase dalam proses metabolisme asam urat (Dayanti, 2018). Sehingga madu dapat dipertimbangkan sebagai alternatif pengganti obat penurun asam urat, namun diet seimbang dan rendah purin tetap harus dilakukan pada penderita asam urat.
21:07 12/11/2020