[Masalah Berat Badan]
Sulis Fatmawati
Bagaimana cara diet yang benar untuk penderita maag dan kolestrol berlebih?
23:16 12/11/2020
Tyas Asri Anindyaningrum, S.Gz., AIFO ahligizi
Halo kak Sulis, terimakasih sudah bertanya di Dietducate.
Mengatasi maag dan kolesterol berlebihan,
1. konsumsi makanan dengan disiplin, 3x makan utama, 3x snack, tiap 3 jam sekali, contohnya makan utama 06.00, 12.00 dan 18.00, snackn: 09.00, 15.00, dan 20.00
2. Komposisi menu utama : karbo, lauk hewani, nabati sayur dan buah, snack dapat berupa susu, buah-buahan, kacang kacangan, karbo seperti roti, singkong,
3. Untuk maag ; Hindari sayur dengan serat tinggi untuk meringankan maag: daun pepaya, daun singkong, bergas ; kobis, brokoli, kembang kol, dan durian, buah sitrus dan asam contohnya ; lemon, jeruk nipis, kedondong, nanas, hindari makanan pedas, kafein,
4. Untuk kolesterol ; kurangi makanan yang digoreng, sehari 1-2 porsi sehari, sayur 3 porsi, buah 5 porsi,
contoh 1500 kalori yaitu sarapan : nasi, pecel, telur rebus, tahu bacem dan pepaya 2 potong (2porsi),
snack pagi : susu lowfat makan siang ; nasi merah, tumis daun pepaya+tahu+teri, ikan kakap kuah kuning, buahnya pisang 1 buah,
snack sore : jus alpokat 1 buah+gula 2 sdm.
makan sore, nasi, sup ayam 1 mangkok (isian : brokoli, ayam bagian dada, wortel), loaf tahu kukus+udang*bila tidak ada alergi
snack malam : edamame rebus 3-5 genggam*ukuran digenggam dengan kulit.
keterangan :
1. buah merupakan pytoesterol yg membantu mengurangi kolestrol
2. omega 3 pada ikan laut yg dikuah akan meningkatkan hdl sehingga kolesterol tubuh dapat dimetabolisme dengan baik di hati sehingga kolesterol turun
3. Hindari stress, bila hormon stress naik, akibatnya metabolisme tidak akan berjalan dengan baik,
4. istirahat cukup
5. Air putih 8-9 gelas sehari
Semoga membantu 😊
Semoga membantu.
01:11 13/11/2020
Sulis Fatmawati
Saya gemuk.klu olah raga seperti lompat2 begitu d bdan terasa capek dan di kaki sakit. Olah raga apa ya kak yg bnr2 bagus n gampang gak sakit buat orang yg gemuk kyak saya.tp tetep bisa turun berat badan saya?
05:50 13/11/2020