[Lainnya......]
anonim
apakah mengkonsumsi 5-HTP baik untuk kesehatan
07:56 06/08/2018
Fitri Ahli Gizi ID ahligizi
Halo Bapak/Ibu/Kakak
Saya Fitri, ahli gizi yang tergabung di laman ahligiziID
5 HTP merupakan salah satu jenis turunan asam amino atau protein yang bisa mendukung pembentukan hormon serotonin dalam tubuh.
Beberapa referensi dan ulasan pakar luar negeri menyebutkan bahwa penggunaan 5 HTP sebagai suplemen memberikan efek berupa:
- Mengobati gangguan tidur, atau insomnia, karena juga memengaruhi hormon tidur yaitu melatonin
- Sebagai obat sakit kepala, utamanya migrain
- Mengatasi gangguan otot dan penyakit pada tulang
- Digunakan sebagai obat pada penderita gangguan depresi, dan
- Mencegah peningkatan berat badan karena mampu mempertahankan rasa kenyang dalam tubuh.
Akan tetapi, suplemen 5 HTP harus digunakan dengan cermat dan ditentukan dosisnya dengan tepat.
Dosis suplemen 5 HTP yang berlebihan, akan memberikan efek samping berupa mual, muntah dan gangguan pada perut lainnya.
Beberapa studi yang diterbtikan di US National Library of Medicine menyebutkan bahwa dosis awal 5 HTP adalah 50-100 mg sebanyak 2 kali dalam sehari, namun hal ini tentu harus disesuaikan dengan kondisi fisik dan kondisi kesehatan masing-masing individu.
Sehingga, berkonsultasi secara langsung dengan tenaga kesehatan terkait harus Anda lakukan jika ingin mengonusmsi suplemen 5 HTP.
Demikian, terima kasih, semoga bermanfaat.
Salam sehat.
11:45 05/09/2018