[ASI & Menyusui]
anonim
Aman tidak ya diumur anak saya masih 13 bulan, diet kaya Tya Ariestya yg no gula no minyak no santan no tepung untuk saya yg masih busui, saya punya masalah BB yg susah sekali turun dari sebelum menikah. Harus bgt jaga pola makan & olahraga teratur. Sejak punya anak saya sangat kesulitan mengatur pola makan & berolahraga. Saya ingin konsultasi bisa tidak ya?
03:58 13/11/2020
Shafira Tri Handayani, S.Tr.Gz ahligizi
Halo, perkenalkan saya Ahli Gizi Shafira 😊🙏🏻
Terima kasih atas pertanyaannya.
Khusus untuk ibu menyusui makanan yang dianjurkan ialah makanan yang seimbang dari mutu dan jumlahnya.
Makanan sehari-hari yang kita konsumsi baiknya memenuhi prinsip gizi seimbang yaitu:
3-4 porsi makanan pokok/hari,
3-4 porsi sayuran/hari,
2-3 porsi buah/hari,
2-4 porsi lauk/hari,
4 sdm gula/hari,
1 sdt garam/hari,
5 sdm minyak/hari
Mengikuti prinsip diet no gula no minyak no santan no tepung seperti yang disebutkan di atas, TIDAK DISARANKAN. Hal ini karena tidak sesuai dengan pedoman gizi seimbang. Sementara, gizi ibu menyusui sangat dibutuhkan untuk produksi ASI dalam hal jumlah dan kualitas yang baik untuk nutrisi bayi.
Ibu membutuhkan semua komponen zat gizi sebagai sumber tenaga, sumber zat pembangun dan sumber zat pengatur. Jika mengikuti prinsip diet tersebut di atas dikhawatirkan akan menurunkan kualitas ASI dan tidak maksimalnya zat gizi yang didapat anak ibu. Sementara, anak ibu masih dalam masa 1000 hari pertama kehidupan, dimana masa periode emas ini sangat berdampak pada pertumbuhan dan perkembangan anak, sehingga anak ibu masih sangat membutuhkan ASI yang berkualitas untuk pertumbuhan dan perkembangan yang baik.
Komponen zat gizi seperti karbohidrat, protein, lemak dan vitamin tidak akan rusak/menyumbang hal yang tidak diinginkan dalam tubuh jika PENGOLAHANNYA BENAR dan dalam JUMLAH YANG TEPAT. Ikuti pedoman gizi seimbang sebagai pedoman jumlah porsi makan sehari, dan pengolahan makanan sebaik mungkin.
Semoga membantu
Salam sehat 😊🙏🏻
Terima kasih
16:42 11/10/2021