[Diet Maag (Gastritis)]
vika aura
saat menjalankan diet, perut saya merasakan perih dan mual mual karena saya memiliki penyakit maag. bagaimana tindakan saya yg seharusnya?
10:28 13/11/2020
Halo Terimakasih sudah berkunjung & Konsultasi di Dietducate:
_Terjadinya gastritis salah satunya dapat disebabkan oleh pola makan yang tidak baik dan tidak teratur, yaitu frekuensi makan, jenis, dan jumlah makanan sehingga lambung menjadi sensitif bila asam lambung meningkat.
_Penderita Maag (Gastritis) biasanya oleh ahli gizi dianjurkan untuk menerapkan diet lambung/gastritis. Tujuan diberikannya diet lambung diantarannya menetralkan kelebihan asam lambung dengan memberikan makanan yang adekuat dan tidak merangsang. Syarat diet lambung yaitu makanan dalam bentuk lunak dan mudah dicerna, hindari makanan yang merangsang lambung seperti asam, pedas, keras, terlalu panas atau dingin, porsi yang diberikan kecil yang diberikan sering, dan cara pengolahannya direbus, dikukus, panggang dan tumis.
_Makanan yang diperbolehkan untuk diet gastritis diantaranya yaitu nasi, nasi tim, bubur roti gandum, makaroni, jagung, kentang, ubi, talas, havermout, dan sereal (sumber karbohidrat yang kaya akan serat). Sumber protein yang diperbolehkan untuk dikonsumsi diantaranya daging tanpa lemak, ayam tanpa kulit, ikan, putih telur, susu rendah lemak, tempe, tahu dan kacang hijau. Jenis sayuran yang diperbolehkan yaitu sayuran yang tidak menimbulkan gas seperti bayam, buncis, labu kuning, labu siam, wortel, kacang panjang, tomat, gambas, kangkung, kecipir, daun kenikir, ketimun, daun selada, dan taoge. Sayuran yang dihindari diantaranya kol, kembang kol, lobak, sawi, nangka muda, dan sayuran mentah yang apabila dikonsumsi akan mengakibatkan peningkatan asam lambung.
_Buah-buahan yang diperbolehkan untuk dikonsumsi diantaranya jeruk, apel, pepaya, melon, jambu, pisang, alpukat, belimbing, mangga. Buah buahan yang banyak mengandung gas dan harus dihindari oleh penderita penyakit gastritis diantaranya durian, nangka, cempedak, nanas, dan semua jenis buah-buahkan yang diawetkan. Makanan yang dianjurkan saat gastritis kambuh sebaiknya mengkonsumsi makanan dalam bentuk lunak. Konsumsilah puding, bubur sumsum,biskuit yang dicampur dengan susu hangat dan pisang dalam porsi sedikit tetapi sering.
Terimakasih/Semoga Membantu๐๐
Untuk diet sebelumnya Kak vika menerapkan pola diet ap ya? Mohon infonya
06:30 14/11/2020
vika aura
saya hanya mengurangi porsi makan saya tapi masih mengkonsumsi nasi dalam jumlah sedikit
10:00 14/11/2020
Untuk jumlah & waktu dalam sehari? Bisa di jelaskan Kak ๐
00:18 16/11/2020