[Masalah Berat Badan]
Suci Cahyani
Dok saya mau tanya. Saya tingginya 160an, berat saya hanya 40. Saya sering makan malem terus, dan minum susu. Tapi kenapa ya saya ga naik naik berat badannya?. Saya harus konsumsi makanan apa biar saya bisa naik berat badannya
15:36 13/11/2020
Nadya Elfita, S.Gz ahligizi
Halo selamat pagi. Terima kasih telah menggunakan platform ini untuk berkonsultasi. Sebelumnya, boleh tolong dijawab dulu beberapa pertanyaan berikut : 1. kebiasaan makan (berapa kali sehari, jenis makanan biasanya, jenis camilan) 2. kebiasaan olahraga (berapa kali per minggu dan jenis olahraga) Terima kasih sebelumnya :)
06:49 14/11/2020
Suci Cahyani
1. Saya kadang makan sehari 2kali, tapi kalo lagi nafsu. Makan bisa sampe 4kali sehari, cemilan biasanya saya nyemilin wafer, ciki, sering minum susu ultra juga dok. 2. Kalo olahraga saya jarang dok, paling seminggu sekali. Saya sering jogging aja
11:45 14/11/2020
Nadya Elfita, S.Gz ahligizi
Baik. Pada prinsipnya peningkatan berat badan dapat dilakukan dengan menambah asupan kalori per harinya. Misalnya, jika Anda biasa mengonsumsi sarapan dengan 1.5 ctg nasi putih, 1 btr telur, 1 ptg tempe, dan sayur bayam, Anda dapat menambahkan 1 potong tempe atau mungkin menambah porsi nasi menjadi 2 ctg nasi. begitu pula pada waktu makan siang, dan malam. oleh karena itu, jadwal makan menjadi penting. Alangkah lebih baik jika Anda dapat mendisiplinkan waktu makan Anda misalnya 3 kali makan utama dan 2 kali makan selingan. Jadi, bukan karena sering makan malam sehingga berat badan bisa naik, tapi seberapa banyak kalori yang Anda konsumsi tiap harinya. Anda juga dapat memilih untuk mengonsumsi makanan sumber protein rendah lemak, atau makanan yang mengandung lemak baik saat waktu makan camilan seperti kacang2an, susu coklat rendah lemak, buah alpukat, protein bar/protein shake. penambahsn keju pada roti atau makanan lain juga dapat menjadi pilihan. Tetap lakukan olahraga seperti apa yang biasa Anda lakukan. Anda juga dapat menambah/mencoba latihan/olahraga lain seperti berenang, latihan beban, sit up atau push up untuk membantu melatih dan meningkatkan massa otot Anda. Semoga membantu :)
15:08 14/11/2020