[Gizi Olahraga & Kebugaran]
anonim
Asupan apa saja yg boleh dikonsumsi agar berat badan turun Mohon beri pnjlsan dan saran .. !
18:15 15/11/2020
NURVITA S. GUSTI ahligizi
Hallo Kak,,, Terimakasih Sudah Bertanya Di Dietducate: Makanan untuk Diet Sehat/BB Turun Agar fungsi organ berjalan dengan baik, tubuh membutuhkan beragam nutrisi seperti karbohidrat, protein, lemak, serat, serta vitamin dan mineral. Untuk mendapatkan ragam nutrisi tersebut, Anda tidak perlu mengeluarkan banyak biaya, sebab banyak bahan makanan bergizi yang murah dan mudah didapatkan. Berikut ini adalah beberapa rekomendasi bahan makanan berdasarkan jenis Gizinya: 1. Karbohidrat Ada beberapa sumber karbohidrat yang baik bagi tubuh, antara lain: Biji-bijian, seperti quinoa Gandum Sayur, seperti jagung, kentang, dan ubi jalar Buah, seperti buah naga, pisang dan apel Kacang-kacangan, seperti kacang merah Memilih karbohidrat yang tepat dapat membantu tubuh mencerna makanan dengan lebih lambat, sehingga Anda akan merasa kenyang lebih lama. Seperti halnya gandum yang diketahui mengandung vitamin dan mineral yang baik bagi tubuh. Tak hanya itu, memilih jenis karbohidrat yang baik juga dapat membantu tubuh dalam menjaga kadar gula agar tetap seimbang. 2. Protein Susu beserta produk olahannya, termasuk yoghurt, adalah sumber protein yang baik untuk dikonsumsi saat sedang menjalani diet. Hal ini karena yoghurt memiliki Zat Gizi penting, seperti kalsium, serta kandungan yang dapat meningkatkan proses pembakaran lemak dan menghambat penumpukan lemak. Saat menjalani program diet, Anda dapat mengonsumsi yoghurt dengan kandungan rendah gula dan rendah lemak. Selain yoghurt, telur juga dapat membuat Anda kenyang lebih lama karena mengandung protein yang tinggi. Anda bisa menjadikan telur sebagai bagian dari menu sarapan agar dapat merasa kenyang lebih lama hingga jam makan siang. Sumber protein lainnya yang tak kalah penting, meliputi: Makanan laut (seafood) Daging tanpa lemak Kacang-kacangan Selain itu, oatmeal juga diketahui dapat mengurangi berat badan karena mengandung protein dan serat yang tinggi. Anda juga bisa menjadikannya sebagai salah satu menu sarapan dan mencampurnya dengan yoghurt tanpa gula atau buah. 3. Lemak Lemak tak jenuh adalah jenis lemak yang baik untuk ditambahkan ke dalam menu makanan sehat Anda. Lemak jenis ini bisa menjadi salah satu sumber asam lemak dan kalori yang dibutuhkan tubuh ketika berolahraga. Tak hanya itu, lemak tak jenuh juga bisa meredakan paradangan. Beberapa sumber lemak tak jenuh yang bisa Anda konsumsi, meliputi: Alpukat Kacang-kacangan Biji-bijian Zaitun Minyak zaitun. Selain itu, minumlah air putih yang cukup karena dapat menjaga fungsi sistem pencernaan Anda. Minum air putih juga dapat membantu metabolisme tubuh berjalan dengan baik dan membakar lebih banyak kalori. _Setelah memperhatikan apa yang Anda konsumsi, jangan lupa untuk menyertainya dengan olahraga secara rutin. Seiring bertambahnya usia, kemampuan otot pencernaan bisa semakin berkurang. Metabolisme tubuh pun akan menjadi lebih lambat, sehingga bisa menyebabkan perut buncit. Olahraga secara rutin dapat membakar kalori dan memperkuat otot yang mulai lemah, menjaga kebugaran tubuh, dan menurunkan risiko berbagai jenis penyakit. Tidak hanya itu, melakukannya secara rutin juga dapat meningkatkan keseimbangan, menguatkan tulang, melindungi sendi, hingga mencegah pikun. _Berikut ini adalah beberapa pilihan olahraga ringan yang bisa Anda lakukan selama menjalani program diet: 1. Jalan kaki Jalan kaki membuat tulang menjadi lebih kuat, menjaga tekanan darah tetap stabil, menjaga kadar kolesterol tubuh, membuat suasana hati lebih baik, hingga mampu meningkatkan daya ingat. Berjalan kaki juga menjauhkan Anda dari berbagai risiko penyakit, seperti penyakit jantung. 2. Joging Joging adalah olahraga yang sangat baik untuk menurunkan berat badan. Jenis olahraga yang satu ini dapat membakar banyak kalori, menekan nafsu makan, dan membakar lemak dalam tubuh dengan cepat, terutama di bagian perut. 3. Berenang Selain joging dan berjalan kaki, berenang ternyata juga memberikan banyak manfaat bagi tubuh. Selain dapat menurunkan berat badan, berenang diketahui dapat meredakan nyeri sendi, memperbaiki suasana hati, dan mengendalikan stres. 4. Angkat beban Angkat beban adalah salah satu contoh olahraga yang bisa Anda lakukan untuk membantu tubuh menurunkan berat badan. Namun, latihan angkat beban sebaiknya disesuaikan dengan batas kemampuan serta kondisi tubuh dan janganlah terlalu memaksakan diri. Sebenarnya, jenis olahraga ini membuat otot tetap kuat dan membantu proses pembakaran kalori. Namun, sebaiknya konsultasikan lebih dulu ke dokter, terlebih jika Anda memiliki riwayat penyakti tertentu. Apa pun pilihan olahraganya, ada baiknya bila Anda menjalani olahraga sesuai dengan hobi dan minat Anda. Selain membakar kalori dan baik untuk tubuh, olahraga yang dijalani sesuai hobi pastinya akan membuat suasana hati lebih baik & Hindari Stres ya... Semoga Membantu 🙂
05:09 13/10/2021