[Masalah Berat Badan]
Veve Y.P
Dok , aku mau tanya . Aku usia.26 . BB ku 71 dan tinggi ku 158 . Bs dibilang aku gemuk . Atau udh msuk kategori kegemukan ? Lalu 4 bln terakhir emg BB naik dr 68 ke 71 . Dan aku smpe skrg blum datang bulan . Apa itu faktor aku kegemukan ya ?? Sempet sih kayak berasa ada darah gt dikit tp gak sampe dtg bulan bgt gt . Kira2 gmn ya dok .
16:13 10/08/2018
Nidzo Mudin Arrifani ahligizi
Hallo Veve,
terimakasih telah bertanya di laman ahligizi.id
untuk menentukan status gizi berdasarkan IMT (Indeks Masa Tubuh), anda dapat memanfaatkan layanan kalkulator gizi di https://ahligizi.id/ahligizi/kalkulatorgizi #. kak Ve, hasil perhitungan kami berdasarkan informasi yang sudah anda tulis, nilai IMT Anda menunjukkan angka 28,44 yang berarti maaf status gizi Anda tergolong gemuk tingkat berat.
lantas apakah ada kaitannya kegemukan dengan siklus menstruasi? jawabannya adalah "ya". beberapa hasil penelitian menunjukkan bahwa status gizi tidak normal (IMT, <18,5 dan > 25,0) dapat menyebabkan siklus menstruasi menjadi tidak teratur. hal ini berkaitan dengan penurunan fungsi hipotalamus, yang dapat menghasilkan hormon FSH dan LH. dimana kedua hormon ini berperan dalam produksi dan pematangan sel telur, yang nantinya jika tidak dibuahi akan mengalami peluruhan (menstruasi). sehingga apabila produksi FSH dan LH terganggu maka siklus menstruasi juga akan terganggu. meskipun demikian, faktor yang mempengaruhi siklus haid tidak hanya dari berat badan, ada faktor lain yang juga berpengaruh seperti aktivitas fisik, stres, paparan lingkungan dan kondisi kerja.
untuk mengatasi hal tersebut, Anda dapat mengelola faktor-faktor yang dapat mempengaruhi siklus haid. Anda juga perlu mengelola berat badan hingga mencapai IMT ideal (?18,5-25,0). untuk itu Anda dapat menerapkan 10 pedoman umum gizi seimbang. terimakasih semoga menjawab ^_^.
14:11 01/12/2018