[Mitos atau Fakta ? (HOAX or Not)]
Susie Puti Inma
Selamat sore. Apakah gula rendah kalori/bebas kalori yang ada di pasaran benar2 aman untuk di konsumsi penderita diabetes? Terimakasih
15:52 17/11/2020
Selamat Malam Kak Susie, Terimakasih sudah berkunjung & bertanya di Dietducate:
Jawabannya > Fakta Kak (Aman Untuk Dikonsumsi Penderita Diabetes)
_Pemanis rendah kalori sebagai pengganti gula pasir sudah lazim dipakai sebagai alternatif penggganti gula. Sudah juga mendapatkan izin edar dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).
_Anjuran Kementerian Kesehatan RI, batas maksimum konsumsi gula seseorang hanya empat sendok makan per hari. Kehadiran gula rendah kalori dapat menjadi alternatif bagi masyarakat yang perlu membatasi asupan gula harian.
_pemanis buatan merupakan pengganti gula dengan kandungan nol kalori dan tidak meningkatkan kadar glukosa dalam darah. Pemanis buatan ini mempunyai intensitas manis yang lebih besar dibandingkan gula biasa.
_ American Heart Association (AHA) dan American Diabetes Association (ADA) menyebut, jika dikonsumsi secara benar, gula buatan dapat menggantikan rasa manis dari gula. Selain itu, gula rendah kalori dapat membantu menurunkan gula darah.
1. Aspartam > Pemanis sintetis non karbohidrat yang paling sering digunakan. Meski terbilang aman, konsumsi aspartam juga perlu dibatasi. Dosis yang disarankan adalah tidak lebih dari 50 mg per kg BB (kilogram berat badan).
2. Sorbitol > Salah satu pemanis alternatif yang sering digunakan dalam makanan dan ditemukan dalam berbagai buah-buahan, seperti berry. Rasa manis dari sorbitol mengandung sekitar 60 persen dari sukrosa, tapi kalori yang lebih kecil dari fruktosa. Sukrosa mengandung 4 kalori per 1 gram, sedangkan sorbitol hanya 2,6 kalori per 1 gram.
3. Saccarin (sakarin) > Pemanis buatan ini rasanya 300 kali lebih manis dari gula pasir meja, tapi kalorinya jauh lebih rendah. Sakarin sering digunakan produsen yang menamakan produknya bebas kalori. Sakarin tetap memiliki kalori, tetapi dalam kadar yang rendah.
4. Sucralosa (sukralosa) > Pemanis buatan ini dibuat dengan mengganti gugus hydrogen-oksigen pada molekul gula dengan tiga atom klorin. Gula rendah kalori jenis ini biasa digunakan penderita diabetes dan para pelaku diet yang ingin menurunkan berat badan.
_Sukralosa punya rasa yang manis layaknya gula pasir yang biasa Anda gunakan sehari-hari. Saat dikonsumsi, sukralosa tidak diserap oleh darah, melainkan langsung dikeluarkan bersama kotoran saat buang air besar.
Kadar gula dalam darah pun tidak meningkat setelah Anda mengonsumsi pemanis ini.
Terimakasih/Semoga Membantu 🙏😇
17:15 17/11/2020