[Masalah Berat Badan]
anonim
Maaf dok Lum selesai dah kpencet melanjutkan pertyaan yg tdi saya cuma mau menyakan apakan kandungan gizi & nutrisi wat saya dah cukup Lum,saya makan 4 kali sehari jam 9 saya srpn hya putih telor,mkn siang jam 12 hya nasi 2sdm melentung,sama da2 ayam,sambel,setengah 4 saya makan nasi 2sdm melentung lgi+ayam,sambel,jam 7 malem q ngemil buah apakah cara diet sudah benar dok,mohon bimbingany BB awal 68 sekarg 62,70 slma 20 hari
05:39 18/11/2020
Tyas Asri Anindyaningrum, S.Gz., AIFO ahligizi
Halo kak terimakasih sudah bertanya di Dietducate. Ini tidak dijelaskan detail ya, bagaimana kondisi BB, TB, umur dan aktivitas hariannya. Kalau dilihat dari asupan, kalori harian sudah defisit (untuk kebutuhan kalori hariannya berapa ini yg aku tidak tahu karena data tidak detail) hanya saja menu makanannya kurang seimbang ya kak, saya khawatirkan kalau lapar juga mempengaruhi mood saat aktivitas, kemudian setelah tidak berdiet akan naik lagi berat badannya karena makan terlalu sedikit. Pertanyaannya Mau sampai kapan bisa makan seperti itu? Dimana makan diharapkan bisa menjadi kebiasaan jangka panjang. Kemudian tubuh memerlukan vitamin mineral, jika defisit dalam jangka waktu yg lama juga akan mempengaruhi hormon dan metabolisme tubuh, jadi pastikan makan beraneka ragam ya. Contoh beraneka ragam yang dianjurkan setiap kali makan ada karbo, lauk hewani, nabati, sayur dan buah. Nasi porsinya boleh kok 5sdm, atau 1 centong magic com yang cekung (75 gram), untuk tenaga agar tidak lemas saja dan mudah lapar sehingga kerja bisa fokus karena perut merasa penuh. Contoh menu pagi : Nasi, telur putih rebus, pecel 1porsi, saus kacang kalau berlimpah boleh minta sedikit, buah pepaya 1 potong/pisang. Menu ini cocok untuk pekerja yg punya aktivitas tinggi dan butuh konsentrasi. Makan siang boleh menu kantin seperti nasi, sayur sop ayam, tahu bacem buah pisang. Saya menekankan yang paling penting selain defisit kalori adalah aktivitas hariannya. Pastikan tubuh bergerak terus atau tidak mager, semisal pekerja kantoran, ambil waktu olahraga pulang kerja, bisa dimulai dengan zumba, senam aerobik atau resistence training seperti squat, lunges, HIIT, yg disesuaikan dengan kemampuan tubuh. Jadi kakak tidak perlu makan terlalu sedikit jika diimbangi aktivitas yang banyak. semoga membantu 😊
08:07 18/11/2020
anonim
Dan saya mencoba hidup lebih sehat lagi dgn cara No minyak,No tepung,No gula dan ap yg q rasakan ditubuhku rasanya lebih nyaman bgt,badan bersa lebih sehat,enteng banget ,mohon bimbingannya untuk program diet yg sedang q jalani ,menurut Dr bagaimana tuk langkah selnjutny?
08:07 18/11/2020
Baik, kalau bisa melakukannya bagus sekali, kalo mau konsumsi gula pasir masih boleh kok dengan batasan tentunya ya,, dari WHO untuk orang dewasa sehat diperketat hanya 4 sdm sehari, Kalau untuk program penurunan berat badan, bisa lebih sedikit, misal kalau 1 porsi pecel estimasi gula 1sdm, jadi untuk menu selanjutnya dihari itu sudah tidak ada gula pasir lagi. Ini namanya Mindful eating. Jadi makan secara sadar, dan mengira ngira porsi yg dikonsumsi, tentunya dengan kaidah menu makanan yg seimbang yang sudah saya jelaskan tadi ya.
08:15 18/11/2020
anonim
Ok dok mkasih wat masukany,awl2 sebenernya porsi nasi q lumyan byak 3 sdm melentung cman makin kesini q kurang2in nasinya & q nyaman bgt dok nglakuiny krna sblum program diet q sering bgt puasa jdi perutku sudah terbias & duluny g pernah mkn mlem,salh g y dok yg q utamain lauky ketimbg sayurnya,& untuk seratny q biasnya bykin minum air putih biar g lemes,q ibu RT yang Nyambi kerja tpy industri home,Q punya target tuk melakukan program ini slma 2 bulan tuk menurunkan BB q y mudah2an untuk seterusnya walaupun dah g diet lagi q bisa melakukan hidup sehat terus dok
08:24 18/11/2020