[Diet Diabetes Mellitus]
anonim
Apakah diet ketogenik dapat menywmbuhkan dm? Makasih
02:18 11/08/2018
Fitri Ahli Gizi ID ahligizi
Halo Bapak/Ibu/Kakak
Saya Fitri, ahli gizi yang tergabung di laman ahligiziID
Diet ketogenik cukup berpotensi sebagai diet yang bisa mengontrol kondisi diabetes. Hal ini disebabkan asupan makanan berkarbohidrat menjadi dibatasi dan tubuh, sebagian besar, memecah energi menjadi lemak (kondisi ketosis).
Studi pada tahun 2008, 2013 dan 2017, yang meneliti tentang efek asupan karbohidrat yang rendah & penerapan diet ketogenik pada penderita diabetes, menunjukkan hasil yang memuaskan, yaitu:
1) Kadar gula darah, A1c yang lebih terkontrol
2) Kondisi kadar glikemik atau insulin pada tubuh lebih baik, serta,
3) Penurunan berat badan pada penderita diabetes dengan obesitas/kegemukan.
Diet ketogenik dapat memberikan hasil yang baik, jika diterapkan dengan cara dan jangka waktu yang tepat. Pemilihan bahan makanan, jenis lemak, jumlah lemak, dan susunan menu harus mendapat kontrol dari tenaga kesehatan yang berkompeten.
Perlu diketahui, beberapa artikel berbasis ilmiah menyebutkan bahwa dalam penerapan sehari-hari,diet ketogenik yang tepat, sangat sulit dilakukan.
Diet ketogenik harus diperhitungkan dengan baik, karena jika dilakukan dengan asal, pada penderita diabetes mellitus justru akan berbahaya dan menyebabkan munculnya kondisi diabetes ketoasidosis .
Demikian, semoga bermanfaat.
Salam sehat.
Demikian, semoga bermanfaat.
Salam sehat.
15:44 24/11/2018