[Masalah Berat Badan]
Eka Putri Ramadhan
Dok,
Saya seorang wanita berusia 26th.
BB terakhir saya 40kg dgn TB 160cm. Terlalu kurus kan dok?
Saya sudah coba utk minum susu gainer dan makan dlm jumlah agak besar tp tdk ada perubahan yg ada saya eneg.
Apakah ada saran untuk pola makan atau menu makanan harian saya?
06:55 11/08/2018
Fitri Ahli Gizi ID ahligizi
Halo Eka
Saya Fitri, ahli gizi yang tergabung di laman ahligiziID
Berdasarkan data yang diberikan, kondisi status gizi Eka sangat kurus.
Eka bisa menerapkan diet peningkatan berat badan, yang menciptakan keseimbangan kalori positif (asupan kalori yang masuk, lebih besar dari asupan kalori yang keluar).
Diet dapat dilakukan dengan memerhatikan frekuensi makan dan jenis pemilihan makanan yang tepat.
Usahakan agar makan lebih sering, baik makan utama maupun camilan. Apabila sering merasa mual atau eneg, konsumsi makanan dalam porsi kecil namun tetap sering.
Pilih jenis makanan yang tinggi kalori dan protein. Pada menu makan utama, pastikan Eka mengonsumsi sumber karbohidrat seperti nasi, roti atau mie dan dilengkapi dengan lauk tinggi protein, misalnya daging merah, daging ayam, ikan, telur, tempe, atau tahu.
Ketika memilih camilan, pilih pula yang padat kalori dan protein, misalnya, bubur kacang hijau dengan susu, roti gandum isi telur, biskuit dengan toping parutan keju, atau minuman jus buah dengan es krim, yoghurt, atau susu rendah lemak.
Penjelasan lebih lanjut terkait diet peningkatan berat badan dengan keseimbangan kalori positif dapat dibaca pada tautan di bawah ini:
https://ahligizi.id/index.php/artikel/detailartikel/13/terbaru_terpopuler/Diet-Peningkatan-Berat-Badan
Terima kasih, semoga bermanfaat.
Salam sehat.
10:02 31/08/2018