[Masalah Berat Badan]
Rudi Cahyono
Bagaimana cara menurunkan berat badan
01:47 19/11/2020
Aprilia Ayu Sholihati Nafisah, S.Gz. ahligizi
Hai Kak Rudi, terima kasih sudah bertanya melalui platform kami. Saya akan bantu memberikan penjelasan ya :)
Kunci dari penurunan berat badan adalah keseimbangan energi negatif. Keseimbangan energi negatif artinya energi (kalori) yang keluar melalui aktivitas lebih banyak dibandingkan energi (kalori) yang masuk ke dalam tubuh dari makanan. Caranya adalah dengan melakukan defisit kalori. Lakukan pengurangan porsi makan dalam sehari sebanyak 300-500 kalori untuk penurunan berat badan tahap awal. Pengurangan kalori ini dapat dilakukan dengan mengurangi 1 porsi sumber karbohidrat, 1 porsi protein, dan 1 porsi sayur/buah. Pola makan sehari-hari harus sesuai dengan pedoman gizi seimbang. Perlu diperhatikan pula apakah cemilan yang dikonsumsi adalah makanan tinggi energi yang rendah zat gizi (misal junk food, minuman manis tinggi gula) atau bukan. Jika memang sangat ingin ngemil, perhatikan jumlah kalori dan takaran saji dari makanan kemasan yang tertera di bungkusnya (nutrition facts atau nilai gizi), lalu sesuaikan dengan kebutuhan. Langkah selanjutnya yang harus dilakukan untuk mempercepat proses penurunan berat badan adalah melakukan aktivitas fisik minimal 30 menit/hari minimal 5 kali dalam seminggu yang berguna untuk membakar kalori dari makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Aktivitas fisik yang dipilih dapat disesuaikan dengan kemampuan, contohnya: jalan kaki, jalan cepat, bersepeda, lari, high intensity interval training (HIIT), yoga, berenang, dan lain sebagainya. Penurunan berat badan yang baik adalah 0,5 - 1 kg per minggu. Jika menurunkan berat badan secara instan, metabolisme tubuh akan terganggu dan ada kemungkinan nantinya berat badan akan lebih mudah untuk naik lagi. Semangat ya Kak Rudi jika ingin menurunkan berat badan, motivasi dan alasannya harus kuat, yaitu untuk meningkatkan derajat kesehatan dengan mengikuti pola hidup sehat yang berkelanjutan, sehingga lebih terhindar dari penyakit hingga usia tua nanti :)
Semoga jawabannya membantu ya. Stay healthy and safe Kak!
09:20 26/02/2021