[Masalah Berat Badan]
anonim
Dokter saya pekerja nakes, kerjanya shift pagi siang malam. Waktu tidur kacau, jadi suka pingin makan terus. Alhasil berat badan naik banget. Cara diet untuk yg punga aktivitas kerja shift malam dokter..
05:45 19/11/2020
Hallo Kak Terimakasih Sudah Bertanya Di Dietducate:
Jika diikuti dengan pola makan sehat, rutin berolahraga bisa membantu Anda mencapai berat badan yang lebih ideal.
1. Sediakan makanan sehat di rumah > Sediakan selalu makanan sehat, seperti berbagai sayuran dan buah-buahan di dapur Anda. Sehingga ketika Anda lapar, pilihan Anda hanya tertuju pada makanan sehat tersebut. Jika Anda mengantuk dan lapar pada malam hari, Anda bisa makan buah-buahan yang lebih sehat dibandingkan makan makanan instan.
2. Siapkan makanan sebelum Anda bekerja shift > Hal ini bertujuan agar ketika Anda pulang dan merasa lapar, Anda dapat mengonsumsi makanan tersebut. Ketika Anda pulang, Anda mungkin sudah merasa lelah dan malas untuk memasak makanan. Dengan adanya makanan yang sudah dimasak sebelumnya, Anda hanya tinggal menghangatkannya saja beberapa menit dan langsung dapat Anda nikmati.
3. Makanlah sebelum Anda bekerja > Kerja dalam keadaan perut yang sudah kenyang akan membuat Anda lebih fokus bekerja. Selain itu, jika Anda masuk shift malam dan makan besar pada malam hari dapat menyebabkan perut bergas, heartburn, dan konstipasi atau sembelit. Makan malam juga bisa menyebabkan Anda mengantuk dan lesu sehingga dapat mengganggu pekerjaan Anda.
4. Bawa bekal makanan dari rumah > Makanan dari rumah tentu lebih sehat dibandingkan Anda membeli makanan di luar tempat kerja. Selain lebih sehat, juga dapat membantu Anda menghemat. Selain membawa bekal untuk makan besar, bawalah juga camilan sehat untuk berjaga-jaga jika sewaktu-waktu Anda lapar. Jajan jajanan tidak sehat, seperti gorengan atau makanan ringan, hanya akan menambah kalori dan lemak Anda. Anda dapat membawa camilan sehat, seperti buah, puding, roti, dan lainnya sebagai pengganti makanan jajanan Anda.
5. Kurangi makan makanan berlemak, digoreng, atau makanan pedas > Makanan ini dapat menyebabkan gangguan pencernaan karena makanan tersebut sulit dicerna tubuh. Terlalu banyak makan makanan berlemak juga dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan diabetes tipe 2.
6. Kurangi juga makanan dan minuman manis > Anda mungkin merasa langsung berenergi ketika makan makanan atau minum minuman manis, seperti donat atau minuman teh dalam kemasan. Namun, rasa ini tidak bertahan dalam waktu lama dan kemudian Anda akan merasa lapar lagi.
7. Banyak minum > Hal ini bertujuan untuk mencegah dehidrasi sehingga Anda tetap fokus dan tidak merasa lelah selama bekerja. Bawa botol air minum di dekat Anda sehingga Anda langsung dapat minum ketika merasa haus.
8. Tips olahraga bagi pekerja shift > Selain menjaga asupan makanan, olahraga juga diperlukan untuk keseimbangan energi Anda. Olahraga dapat membantu mempertahankan berat badan Anda dan menurunkan risiko terkena penyakit jantung dan diabetes. Selain itu, olahraga juga membantu Anda mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik.
Meski Anda menjalani kerja dengan sistem shift, ini bukan alasan Anda untuk tidak melakukan olahraga. Lakukan olahraga minimal 150 menit per minggu atau 30 menit per hari untuk menjaga tubuh Anda tetap bugar. Lakukan olahraga ringan, seperti berjalan, berlari, bersepeda, atau melakukan gerakan olahraga kecil lainnya.
Semoga Membantu 🙂
07:06 12/10/2021