[Gizi Olahraga & Kebugaran]
anonim
Dok boleh dijelaskan macam2 tingkat aktivitas mulai dari sedentary dan lainnya serta contoh2 kegiatannya
08:39 19/11/2020
NURVITA S. GUSTI ahligizi
Hallo Kak,,, Terimakasih Sdh Bertanya Di Dietducate: _Kegiatan sedentari merupakan kegiatan yang mengacu pada jenis aktivitas yang dilakukan di luar waktu tidur, dengan karakteristik keluaran kalori sangat sedikit yakni <1.5 METs. _Contoh Kegiatan Sedentari Berikut adalah beberapa contoh perilaku kegiatan sedentari, seperti dikutip dari laman Kemenkes RI: Berbaring atau duduk terlalu lama, seperti menonton tv, bermain video game, duduk lama di depan komputer. Anak-anak pergi ke sekolah diantar menggunakan kendaraan meski jaraknya dekat. Seseorang pergi ke toko atau mini market dengan jarak yang dekat menggunakan kendaraan. Kurang berolahraga. _Berikut ini adalah cara mengatasi gaya hidup sedentari: 1. Rajin Berolahraga Olahraga adalah salah satu aktivitas fisik yang perlu dilakukan secara teratur setiap hari. Contohnya dengan bersepeda saat bepergian ke tempat-tempat yang dekat, atau malah bersepeda ke kantor atau sekolah. Cukup luangkan 30 menit per hari. 2. Konsumsi Buah dan Sayur Selain rendah kalori dan kaya vitamin serta mineral, buah dan sayur juga tinggi serat yang baik untuk memperlancar pencernaan. Di samping itu, ada kandungan antioksidan di dalamnya yang bisa menangkal radikal bebas hingga risiko kanker. 3. Stop Merokok Selain membuang-buang uang, kebiasaan merokok juga membahayakan kesehatan karena kandungan racun yang terdapat di dalamnya. Apalagi, merokok juga meningkatkan risiko penyakit mematikan seperti kanker hingga impotensi dan gangguan kehamilan, serta janin. 4. Jaga Berat Badan Selain menimbulkan masalah kepercayaan diri, berat badan berlebih bisa meningkatkan risiko berbagai penyakit seperti diabetes. Sementara itu, berat badan yang kurang berkaitan dengan nutrisi yang buruk, seperti malnutrisi, kekurangan vitamin, osteoporosis, dan anemia. 5. Jaga Kesehatan Mental Selain tubuh, jaga juga kondisi kesehatan mental dan pikiran. Caranya adalah dengan mengelola stres dan membangun lingkungan pergaulan yang positif. Soalnya, tekanan pada pikiran juga bisa memengaruhi fisik. 6. Cukup Beristirahat Setelah beraktivitas seharian, pastikan Anda beristirahat dengan cukup, yaitu tidur selama 6-7 jam di malam hari. Hal ini akan memulihkan kondisi tubuh dan kinerja berbagai organ hingga sel-sel penting, dan pastinya menyegarkan pikiran agar bebas stress. Semoga Membantu 🙂
09:52 17/10/2021