[Masalah Berat Badan]
anonim
Dok saya mempunyai berat badan 60kg dengan tinggi 155cm dan umur saya 21thn. Saya ngerasa badan saya berat sekali dan sering sakit. Dan saya ingin diet karna untuk kesehatan juga. Saya bingung dimulai dri makanan yg seperti apa. Mohon bantuannya ya dok, terimakasih.
17:22 19/11/2020
Winka Orlando Saputra, S.Tr.Gz ahligizi
hai kak terimakasih sudah bertanya.
pertama, atur pola makan dengan 3x makanan utama dan 2x selingan.
pada makanan utama batasi asupan makanan berminyak/berlemak, bersantan serta makanan manis.
Tingkatkan asupan sayur dan buah.
cara penyajian paling efektif adalah ambil dulu sayur nya, lauk hewani, nabati, baru terakhir nasinya.
pengolahan makanan nya bisa dngan bakar/panggang, rebus/blanching, kukus/stim untuk mengurangi penggunaan minyak.
selingan nya buah utuh/jus buah tanpa tmbahan gula/skm.
lakukan aktifitas fisik min 30 menit per hari.
hindari rokok dan alokohol.
atur pola tidur 8 jam per hari.
konsisten.
terimakasih
16:57 10/10/2021