[Masalah Berat Badan]
Rifa Junhoee
Selamat pagi saya ingin bertanya
Umur saya sudah 21 tahun dengan tinggi badan 153 cm
Berat badan saya hanya 35 kg.
Paling ngemuk saya 42kg saat di umur 19 tahun namun hanya bertahan 3 bulan.
Berat badan saya kembali turun cenderung setabil sekitar 35kg.
Sejak kecil memang kurus
Saya belum pernah mengunjungi dokter gizi sebelumnya.
02:24 13/08/2018
Fitri Ahli Gizi ID ahligizi
Halo Rifa
Saya Fitri, ahli gizi yang tergabung di laman ahligiziID
Berdasarkan data yang diberikan dan dihitung melalui kalkulator gizi: https://ahligizi.id/ahligizi/kalkulatorgizi , nilai IMT Rifa sangat cukup rendah. Artinya status gizi Rifa sangat kurus, atau berat badan kurang tingkat berat.
Untuk itu, Rifa bisa mulai mengatur pola dan nafsu makan dengan tepat agar berat badan bisa meningkat.
Usahakan agar makan lebih sering, misalnya makan utama setiap 5-6 jam sekali, atau camilan berat setiap 2-3 jam sekali.
Pilih jenis makanan yang tinggi kalori dan protein. Pada menu makan utama, pastikan Rifa mengonsumsi sumber karbohidrat seperti nasi, roti atau mie dan dilengkapi dengan lauk tinggi protein, misalnya daging merah, daging ayam, ikan, telur, tempe, atau tahu.
Ketika memilih camilan, pilih pula yang padat kalori dan protein, misalnya, bubur kacang hijau dengan susu, roti gandum isi telur, biskuit dengan toping parutan keju, atau minuman jus buah dengan es krim, yoghurt, atau susu rendah lemak.
Penjelasan lebih lanjut terkait diet peningkatan berat badan dapat dibaca pada tautan: https://ahligizi.id/index.php/artikel/detailartikel/13/terbaru_terpopuler/Diet-Peningkatan-Berat-Badan
Selain itu, gunakan bumbu rempah alami yang bisa meningkatkan nafsu makan, misalnya temulawak atau kunyit, pada masakan, camilan, ataui minuman, agar mampu mendukung nafsu makan tetap baik selama proses peningkatan berat badan.
Demikian, terima kasih, semoga bermanfaat.
Salam sehat.
11:13 05/09/2018