[ASI & Menyusui]
anonim
Dok, saya ibu menyusui dari bayi saya yg usianya 9bulan. Saya mau diet, BB saya skrg 80kg Tinggi badan 158cm Mau tanya meal plan yg bisa mencukupi kebutuhan saya supaya asi ga ke ganggu.
11:04 20/11/2020
Hersanti Sulistyaningrum, S. Gz, M. Gz ahligizi
Selamat siang, bu. Terimakasih atas pertanyaannya. Berat badan ideal ibu sekitar 50-52 kg. Diet menurunkan berat bedan yang bisa ibu lakukan sebaiknya diet yang dapat digunakan dalam jangka panjang dengan cara memperhatikan asupan kalori harian tanpa melewatkan jam makan 3x sehari dan snack 2x. Skip waktu makan hanya akan membuat berat badan naik turun bagai yoyo. Tetap makan teratur namun pilih bahan makanan yang nilai kalorinya tidak tinggi. Usahakan sumebr makronutrien (karbohidrat, protein, lemak) selalu ada dalam setiap makan. Pilih sumber lemak baik seperti dari buah dan kacang-kacangan. Hindari masakan yang digoreng. Ibu masih menyusui bayi, sebaiknya pilih sumber makanan yang bisa mendukung produksi ASI, misal perbanyak konsumsi daun katuk, sayur-sayuran hijau, dan kacang-kacangan. Penurunan berat badan yang baik tanpa mengganggu metabolisme tubuh sekitar 3-4 kg per bulan. Apabila ibu ingin menurunkan berat badan secara sehat, butuh kurang lebih 10 bulan untuk bisa mencapai berat badan ideal. Usahakan olahraga teratur tiap hari minimal 20-30 menit. Agar memudahkan dan bisa dilakukan setiap hari, pilih olahraga yang bisa dilakukan di sekitar rumah. Semoga jawaban saya dapat membantu. Salam sehat.
10:31 28/11/2021