[Gizi Olahraga & Kebugaran]
anonim
Dok, saya perempuan umur 23 tahun. Saya sudah melakukan diet selama 2 minggu. Selama 2 minggu saya berhenti makan nasi dan rutinitas setiap pagi yaitu makan 2 telur dibuat omelet dan kopi hitam tanpa gula lalu pada siang hari saya melakukan treadmill dengan waktu 15 menit. Kemudian setelahnya saya memakan 2 lembar roti gandum dengan selai coklat kacang setelah itu, saya tidak makan lagi. Selama 2 minggu saya turun dari 82 Kg menjadi 78 Kg dengan tinggi 160 CM. Masuk minggu ke 3 berat badan saya tetap dan susah turun lalu saya mencoba 1 hari diet dengan hanya minum air putih dan keesokannya saya makan seperti saat melakukan diet dan dengan olahraga yang sama seperti sebelumnya. Berat badan saya kembali turun tetapi masuk minggu ke 4 berat badan saya kembali tetap di 76 Kg. Bagaimana ya dok agar saya bisa menurunkan kembali berat badan saya dan tidak mengalami berat badan yang tetap, apakah saya harus menambah kalori saya atau menambah intesitas olaharga saya? Terima Kasih dok
12:58 20/11/2020
Hersanti Sulistyaningrum, S. Gz, M. Gz ahligizi
Selamat siang. Terimakasih atas pertanyaannya. Pemilihan diet yang baik adalah diet yang dapat diterapkan dalam jangka panjang, yaitu dengan cara mengubah pola makan. Penurunan berat badan yang baik tanpa mengganggu metabolisme tubuh ditandai dengan turunnya BB sebanyak 3-4 kg per bulan. Sebaiknya makan 3x sehari tanpa ada skip dengan memperhatikan jumlah asupan kalori. Jangan sampai skip waktu makan, efeknya berat badan akan naik turun seperti yoyo. Usahakan untuk tetap mengonsumsi sumber makronutrient (karbohidrat, protein, lemak), sumber karbohidrat di sini tidak melulu nasi. Asupan lemak, pilih lemak "baik" misal sumber lemak dari buah seperti alpukat. Hindari konsumsi makanan dengan cara digoreng. Adakalanya pada saat proses diet menurunkan berat badan, timbangan tidak kunjung bergeser ke "kiri". Hal ini sangat wajar, namun jika tetap rutin olahraga intensitas sedang tiap hari minimal 20-30 menit serta memperhatikan jumlah asupan kalori, maka berat badan perlahan akan mulai turun. Kuncinya konsisten. Semoga jawaban saya membantu. Tetap terus semangat untuk sehat.
10:14 28/11/2021