[Masalah Berat Badan]
Ilham Pratama
Dok mau tanya Saya sedang laki laki, dengan TB 178 dan BB skrg 85kh, sedang ingin diet dengan goals BB 75-77KG. Diet yang saya lakukan adalah dengan tidak memakan nasi putih. Saya merasa diet ini cocok dan tubuh saya tidak mengalami masalah? Saya mengganti nasi dengan mengonsumsi protein hewani dan nabati serta sayuran. Apakah ini akan aman berkepanjangan bila dijadikan pola hidup? Terimakasi
20:56 20/11/2020
Winka Orlando Saputra, S.Tr.Gz ahligizi
hai kak terimakasih sudah bertanya.
pertama, atur pola makan dengan 3x makanan utama dan 2x selingan.
pada makanan utama batasi asupan makanan berminyak/berlemak, bersantan serta makanan manis.
Tingkatkan asupan sayur dan buah.
cara penyajian paling efektif adalah ambil dulu sayur nya, lauk hewani, nabati, baru terakhir nasinya.
pengolahan makanan nya bisa dngan bakar/panggang, rebus/blanching, kukus/stim untuk mengurangi penggunaan minyak.
selingan nya buah utuh/jus buah tanpa tmbahan gula/skm.
lakukan aktifitas fisik min 30 menit per hari.
hindari rokok dan alokohol.
atur pola tidur 8 jam per hari.
konsisten.
terimakasih
16:59 10/10/2021