[Masalah Berat Badan]
Ismi Darussalam Yusuf
Dok saya perempuan umur 24 tahun dengan BB 55 dan TB 145, dengan bb saya yg sekarang ini membuat saya sering merasakan sakit di pinggang, tubuh sering lelah padahal hanya melakukan aktivitas ringan, diet dan olahraga apa yang cocok dengan saya dok?
22:02 20/11/2020
Winka Orlando Saputra, S.Tr.Gz ahligizi
hai kak terimakasih sudah bertanya.
pertama, atur pola makan dengan 3x makanan utama dan 2x selingan.
pada makanan utama batasi asupan makanan berminyak/berlemak, bersantan serta makanan manis.
Tingkatkan asupan sayur dan buah.
cara penyajian paling efektif adalah ambil dulu sayur nya, lauk hewani, nabati, baru terakhir nasinya.
pengolahan makanan nya bisa dngan bakar/panggang, rebus/blanching, kukus/stim untuk mengurangi penggunaan minyak.
selingan nya buah utuh/jus buah tanpa tmbahan gula/skm.
lakukan aktifitas fisik min 30 menit per hari.
hindari rokok dan alokohol.
atur pola tidur 8 jam per hari.
konsisten.
terimakasih
08:04 18/10/2021