[Masalah Berat Badan]
Titien Ginanjar
Assalamualaikum dok perkenalkan nama saya titin berasal dari lombok umur 22 tahun berat badan 38 kg tinggi 158 kurang gizi kan dok,,saya mau naikin berat badan tapi susah berbagai obat dan jamu saya minum,,nafsu makan tidak ada do,,makan kadang satu kali sehari saya cepat kenyang,,saya bsa nahan lapar karena gak ada nafsu makan,,,pas saya minum berbagai obat gemuk saya jadi makan banyak tapi gak bsa gemuk yg gemuk pipi aja kepala kliatan besar,,,saya pengen nambah berat badan gimana ya caranya
18:28 17/08/2018
Fitri Ahli Gizi ID ahligizi
Halo Titien
Saya Fitri, ahli gizi yang tergabung di laman ahligiziID
Berdasarkan data yang diberikan dan dihitung melalui kalkulator gizi: https://ahligizi.id/ahligizi/kalkulatorgizi , nilai IMT Titien sangat cukup rendah. Artinya status gizi Titien sangat kurus, atau berat badan kurang tingkat berat.
Untuk itu, Titien bisa mulai mengatur pola dan nafsu makan dengan tepat agar berat badan bisa meningkat.
Usahakan agar makan lebih sering, misalnya makan utama setiap 5-6 jam sekali, atau camilan berat setiap 2-3 jam sekali.
Pilih jenis makanan yang tinggi kalori dan protein.
Pada menu makan utama, pastikan Titien mengonsumsi sumber karbohidrat seperti nasi, roti atau mie dan dilengkapi dengan lauk tinggi protein, misalnya daging merah, daging ayam, ikan, telur, tempe, atau tahu.
Ketika memilih camilan, pilih pula yang padat kalori dan protein, misalnya, bubur kacang hijau dengan susu, roti gandum isi telur, biskuit dengan toping parutan keju, atau minuman jus buah dengan es krim, yoghurt, atau susu rendah lemak.
Penjelasan lebih lanjut terkait diet peningkatan berat badan dapat dibaca pada tautan berikut: https://ahligizi.id/index.php/artikel/detailartikel/13/terbaru_terpopuler/Diet-Peningkatan-Berat-Badan
Untuk mengatasi masalah nafsu makan, gunakan bumbu rempah alami yang bisa meningkatkan nafsu makan (misalnya temulawak atau kunyit) pada masakan, camilan, ataui minuman. Hal ini mampu mendukung nafsu makan tetap baik selama proses peningkatan berat badan.
Demikian, terima kasih, semoga bermanfaat.
Salam sehat.
11:29 05/09/2018