[Bayi & Balita]
Shaskia Zuristi
Ada anak perempuan usia 2 th 11 bln, makannya teratur bu kalo kata ibunya. Pagi siang malam makan nasi. Minum susu juga, tapi susu SKM. Akan tetapi BB nya hanya 9,3 kg dan TB 85 cm dan termasuk gizi buruk. Bagaimana solusinya ya?
16:07 26/11/2020
Yulia Puspitasari, S.Gz ahligizi
Halo bunda, terimakasih telah bertanya di dietducate. Dilihat dr bb dan tb nya bun, anak tsb termasuk gizi kurang bun bukan gizi buruk, tipis sekali. Solusinya harus mengkaji apa yg dia makan (jenis dan jumlah), kebiasaan jajan, aktivitas dan waktu istirahat nya. Disarankan untuk makan makanan padat gizi contoh cemilan berbahan karbo : kentang goreng, roti bakar homemade, bola ubi (kreativitas dr ibu tsb), selain itu kalau bisa mengganti SKM dgn susu bubuk untuk anak seusianya (tidak harus selalu frekuensi nya lbh banyak), serta memantau aktivitas dan istirahat nya. Semua akan tersimpan ketika energi yg masuk lbh banyak dibandingkan energi yg keluar untuk dipakai metabolisme dan pertumbuhan. Terimakasih
11:52 11/06/2021