[Masalah Berat Badan]
anonim
Halo,saya ruby umur 27 tahun dln wktu 2 tahun berat bdan saya naik jauh bgt. Dr berat bdan saya 60 kg skrg jd 76,80kg dgn tinggi bdan saya 158. Tahun lalu saya bru kuret anak pertama saya. Krna keguguran. Tp stelah itu berat bdan saya trus naik. Dr 70 kg k 72kg pda wktu itu. Saya jaga makan,tp malah bertambah gemuk. Saya gak ska makana ngemil. Tp saya lebih dominan makan nasi. Uda brusaha makan nasi skali shari tp saya malah kenak asam lambung dan malah jd migrain. Dalam shari saya makan nasi yrmasuk rutin seperti pagi,siang dan malam hari. Kdang makan 2 x shari siang dan malam. Dan satu lagi semenjak kuret perut saya buncit dan sulit bgt mengecilkannya seperti smula. dlm 1 bln saya olahraga jalan kaki slama 45 mnit. Tp gak ada hasilnya? Apa yg haru saya lakukan..??
11:07 28/11/2020
Mirna Rahmasari, S.Gz ahligizi
Halo kak Ruby, terima kasih atas pertanyaannya. Jadi, untuk tinggi badan 158 cm, berat badan idealnya adalah 54,3 kg dengan rentang 46,19-62,41 kg. Mungkin beberapa hal yang perlu diperhatikan antara lain adalah makan nasi yang berlebihan bisa menambah berat badan terlebih jika aktivitas fisiknya kurang atau tidak pernah olahraga sehingga bisa menambah penumpukan lemak dalam tubuh. Lalu, kak Ruby tidak perlu skip makan untuk diet karena melihat efek sampingnya yaitu asam lambung naik dan migrain. Namun, bisa tetap makan utama 3 kali sehari dengan porsi nasi yang dikurangi, mengurangi konsumsi gorengan atau makanan dengan lemak, garam, dan gula tinggi. Untuk makanan selingan, bisa lebih banyak mengonsumsi buah. Untuk perut buncit, mengatasinya bisa dengan olahraga, lebih banyak minum air putih, makan buah dan sayur lebih banyak. Olahraga dan diet memang butuh waktu yang cukup lama, namun apabila disiplin dan konsisten akan ada hasilnya. Jadi, tetap semangat kak Ruby. Semoga dapat membantu.
06:57 02/01/2022