[Diet Maag (Gastritis)]
monika purba
Dok bahaimana cara diet untuk penderita maag yg aman?terimakasih
20:15 28/11/2020
Halo, Terimakasih sudah bertanya di Dietducate:
_Penderita Maag (Gastritis) biasanya oleh ahli gizi dianjurkan untuk menerapkan diet lambung/gastritis. Tujuan diberikannya diet lambung diantarannya menetralkan kelebihan asam lambung dengan memberikan makanan yang adekuat dan tidak merangsang.
_Syarat diet lambung yaitu makanan dalam bentuk lunak dan mudah dicerna, hindari makanan yang merangsang lambung seperti asam, pedas, keras, terlalu panas atau dingin, porsi yang diberikan kecil yang diberikan sering, dan cara pengolahannya direbus, dikukus, panggang dan tumis.
_Makanan yang diperbolehkan untuk diet gastritis diantaranya yaitu nasi, nasi tim, bubur roti gandum, makaroni, jagung, kentang, ubi, talas, havermout, dan sereal (sumber karbohidrat yang kaya akan serat). Sumber protein yang diperbolehkan untuk dikonsumsi diantaranya daging tanpa lemak, ayam tanpa kulit, ikan, putih telur, susu rendah lemak, tempe, tahu dan kacang hijau. _Jenis sayuran yang diperbolehkan yaitu sayuran yang tidak menimbulkan gas seperti bayam, buncis, labu kuning, labu siam, wortel, kacang panjang, tomat, gambas, kangkung, kecipir, daun kenikir, ketimun, daun selada, dan taoge.
_Sayuran yang dihindari diantaranya kol, kembang kol, lobak, sawi, nangka muda, dan sayuran mentah yang apabila dikonsumsi akan mengakibatkan peningkatan asam lambung.
_Buah-buahan yang diperbolehkan untuk dikonsumsi diantaranya jeruk, apel, pepaya, melon, jambu, pisang, alpukat, belimbing, mangga.
_Buah buahan yang banyak mengandung gas dan harus dihindari oleh penderita penyakit gastritis diantaranya durian, nangka, cempedak, nanas, dan semua jenis buah-buahkan yang diawetkan. Makanan yang dianjurkan saat gastritis kambuh sebaiknya mengkonsumsi makanan dalam bentuk lunak.
_Konsumsilah puding, bubur sumsum,biskuit yang dicampur dengan susu hangat dan pisang dalam porsi sedikit tetapi sering.
Semoga membantu 🙂
07:30 29/11/2020
monika purba
Terimakasih dokter
09:41 29/11/2020