[Masalah Berat Badan]
anonim
haloo..
selamat malam bapak/ibu dokter
saya mau bertanya. saya akan berusia 21 tahun pada bulan November, tinggi saya 177 cm dengan berat badan 60 kg. saya ingin menaikkan berat badan saya minimal 70 kg, saya sudah melakukan banyak hal salah satunya adalh membalikan ilmu diet, jika di diet dikatakan tidak diperbolehkan makan atau bahkan nge mil dimalam hari nah saya justru sengaja makan, dan lain sebagainya. tapi semua itu tidak berhasil malah pipi saya yang jadi tembem tapi badan tidak ada pengaruh yang besar. jadi, apakah yang harus saya lakukan ?
14:32 26/08/2018
Fitri Ahli Gizi ID ahligizi
Halo Bapak/Ibu/Kakak
Saya Fitri, ahli gizi yang tergabung di laman ahligiziID
Berdasarkan data yang diberikan dan dihitung melalui kalkulator gizi: https://ahligizi.id/ahligizi/kalkulatorgizi , nilai IMT Anda normal. Artinya status gizi Anda saat ini sudah optimal.
Berat badan sebaiknya dapat dipertahankan, namun jika ingin melakukan peningkatan berat badan, maka harus dikontrol dengan memiliki target yang tepat, yaitu tidak lebih dari 8-10 kilogram agar status gizi Anda menjadi berlebih/gemuk.
Penjelasan lebih lanjut terkait diet peningkatan berat badan yang tepat dan sehat, dapat dibaca pada tautan berikut: https://ahligizi.id/index.php/artikel/detailartikel/13/terbaru_terpopuler/Diet-Peningkatan-Berat-Badan
Terima kasih, semoga bermanfaat.
Salam sehat.
11:24 05/09/2018
Fitri Ahli Gizi ID ahligizi
Re:
Usahakan agar makan lebih sering, misalnya makan utama setiap 5-6 jam sekali, atau camilan berat setiap 2-3 jam sekali.
Pilih jenis makanan yang tinggi kalori dan protein.
Pada menu makan utama, pastikan Anda mengonsumsi sumber karbohidrat seperti nasi, roti atau mie dan dilengkapi dengan lauk tinggi protein, misalnya daging merah, daging ayam, ikan, telur, tempe, atau tahu.
Ketika memilih camilan, pilih pula yang padat kalori dan protein, misalnya, bubur kacang hijau dengan susu, roti gandum isi telur, biskuit dengan toping parutan keju, atau minuman jus buah dengan es krim, yoghurt, atau susu rendah lemak.
Untuk meningkatkan berat badan tidak lebih dari 8-10 kilogram, pola makan tersebut diatas bisa diterapkan selama 4-5 bulan, atau mengikuti perkembangan kondisi fisik Anda. Penjelasan lebih lengkap silahkan di baca pada tautan berikut: https://ahligizi.id/index.php/artikel/detailartikel/13/terbaru_terpopuler/Diet-Peningkatan-Berat-Badan
Demikian, terimakasih
Salam sehat
04:03 06/09/2018